DEPOK – Tidak semua orang mumpuni untuk menjadi imam dalam salat. Ada beberapa syarat yang harus diikuti. “Makhraj” dan gerakan salat yang sempurna sangat dibutuhkan untuk menjadi imam. Sedari kecil, TK Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri sudah menanamkan karakter pemimpin, sesuai dengan jargonnya, yakni SMART, Sholeh, Muslih, cerdAs, mandiRi, dan Terampil.

Salah satu manfaat belajar menjadi imam ialah membina setiap muslim untuk dapat bermental pemimpin. Mengetahui apa yang dilakukan, siapa yang menjadi makmum atau pengikutnya, mengelola waktu, serta mengelola emosi atau ketenangan jiwa.

“Hikmahnya adalah akan melahirkan para pemimpin-pemimpin muslim yang bijaksana,” ucap humas SIT Nurul Fikri, Irma Siregar.

Salat atau sholat lima waktu bagi muslim adalah wajib hukumnya. Terlebih bagi setiap orang yang telah memasuki masa akil baligh. Dengan menjalankan salat lima waktu, umat muslim juga telah menjalankan salah satu rukun Islam yang menjadi sendi agama Islam itu sendiri. Sejak usia dini, anak-anak sebaiknya dilatih dan membiasakan diri melaksanakan salat. Sehingga, mereka akan memiliki kesadaran dalam melakukan ibadah tersebut.

Leave a Reply