DEPOK – SMA Islam Terpadu Nurul Fikri sebagai lembaga pendidikan swasta terbaik di Indonesia telah mengaplikasikan Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan aplikasi Chamilo.┬áLangkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Corona atau Covid-19.

Chamilo adalah salah satu Learning Management System yang bersifat Open Source, menitik beratkan pada pembangunan portal E-learning. Selain Open Source, Chamilo juga bisa dihubungkan secara international dengan pendidikan luar negeri.

Menurut Siti Badriyah, salah satu penanggung jawab LRC (Learning Resources Center) SIT Nurul Fikri mengatakan penggunaan chamilo merupakan salah satu aplikasi dukungan visual yang banyak membuat user lebih mudah memahami, dan inilah salah satu kelebihan Chamilo yang tidak dimiliki oleh E-Learning lainnya.

“Chamilo lebih responsif jika dibandingkan dengan E-Learning lainnya. Semua fitur Chamilo dalam pembuatan E-Learning bisa diintegrasikan dengan aplikasi E-Learning lainnya, seperti Hot Potatoes, Moodle dan sebagainya,” tuturnya.

Leave a Reply