DEPOK – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang kian berkembang tentu saja berimbas ke dunia pendidikan sehingga menjadikan mata pelajaran komputer semakin diminati oleh siswa dan siswi, mulai dari sekolah dasar hingga ke jenjang universitas. Seiring dengan laju perkembangan teknologi, SIT Nurul Fikri tengah mempersiapkan siswa-siswinya untuk meningkatkan kompetensi para siswanya di bidang teknologi.

Bekerja sama dengan Artificial Intelligence Center Indonesia (AICI), SIT Nurul Fikri melakukan kunjungan ke AICI di Gedung Laboratorium Riset Multidisplin FMIPA UI, Lt. 4, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu, 10 Maret 2021 untuk melakukan penyerahan dokumen MoU yang sudah ditandatangani secara virtual pada Kamis (18/2/2021).

Perwakilan dari SIT Nurul Fikri ialah Joko Prayitno selaku Direktur Pendidikan, Ahmad Sukarya sebagai Direktur Operasional, Direktur SDMO, Euis Erinawati beserta jajarannya. Bentuk kerja sama antara AICI dengan SIT Nurul Fikri ialah dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler dengan mendatangkan tenaga pendidik AI dari AICI.

Kunjungan SIT Nurul Fikri ke AICI untuk memastikan kurikulum, instruktur, dan pembinaan program AI apakah sudah sesuai dengan prinsip pengembangan karakter yang diusung oleh SIT Nurul Fikri. Juga untuk memastikan dukungan AICI terhadap siswa SIT Nurul Fikri yang berprestasi, seperti kemudahan belajar lebih lanjut di lab AICI maupun support dukungan jalur prestasi PMDK ke MIPA UI untuk siswa yang bagus penguasaan keterampilan AI nya.

AI sendiri bekerja dengan cara menggabungkan adanya sejumlah data, pengolahan yang berulang, serta algoritma cerdas. Hal ini justru memungkinkan perangkat lunak supaya dapat belajar dengan cara otomatis dari pola atau fitur yang ada dalam data.

AI juga bisa dikatakan sebuah bidang studi yang amat sangat luas. Cakupan teori, metode, teknologi dan subbidang yang ada pada AI sangatlah banyak meliputi pembelajaran mesin, jaringan neural, komputasi kognitif, visi komputer kemudian pemrosesan bahasa secara ilmiah.

Pembelajaran dalam sistem AI ini merupakan pembelajaran yang dipersonalisasi sehingga meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pembelajaran AI dalam sistem individual ini menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan fokus siswa.

Leave a Reply