SIT NURUL FIKRI

Tingkatkan Kompetensi Melalui Motivation Training

By June 3, 2011 No Comments

BOGOR – Untuk meningkatkan kompetensi, SIT Nurul Fikri memberikan pelatihan kepada pegawainya dalam bentuk outbound training selama dua hari di Pelita Desa Ciseeng, Jalan H. Miing Rt. 01/03, Rawa Bangsa, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Kamis (2/6/2011).

Peserta dibagi dua macam yakni tim putra dan tim putri. Kegiatan ini merupakan jenis pelatihan di alam terbuka untuk pengembangan diri yang disimulasikan melalui permainan-permainan edukatif baik secara individual maupun kelompok. Setiap permainan mempunyai tujuan-tujuan yang disesuaikan seperti Team Building, Communication Skills, Problem Solving Motivating, Challenges, dan lain-lain.

“Ke depan dengan konsep baru New NF semoga SIT Nurul Fikri menjadi team work yang solid, saling pengertian, meningkatkan kerjasama, koordinasi, menghargai perbedaan, dan selalu menjaga sikap mengutamakan tugas daripada kepentingan pribadi,” terang Drs. Sulamul Munawaroh, penanggung jawab acara.

Pelatihan untuk tim putra dimulai malam hari menjelang subuh sedangkan tim putri mengikuti pelatihan setelah tim putra kembali yakni pagi sampai sore hari. Jumlah pesertanya ada 174 orang dan empat orang panitia acara.

Kamis (2/6), pukul 16.15 WIB rombongan pertama berangkat dari gedung C SIT Nurul Fikri menggunakan dua buah truk Tronton Brimob. Tiba di lokasi pukul 18.15 WIB, seluruh peserta langsung bersiap-siap melaksanakan shalat Maghrib. Setelah makan dan rehat sejenak, seperempat jam kemudian, peserta berkumpul di lapangan untuk mengikuti acara pengarahan dari panitia dan instruktur Outbound.

Selepas pengarahan dari Ketua Panitia dan instruktur outbound, acara outbound pun dimulai. Ada beberapa games yang diberikan instruktur. Salah satu games yang dimainkan dengan beregu yaitu, seorang peserta regu meniti sebilah bambu yang dipegang dua orang rekannya dan saling bersambung membuat jembatan, berjalan dari sisi danau menuju ke seberang danau dan tidak boleh menyentuh air. Terlihat para peserta serius mengikuti permainan yang dipandu para instruktur.

Tingkat kesulitan dalam permainan meniti lintasan dengan seutas tali menyeberang danau dapat diselesaikan oleh para peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Peserta memperlihatkan sikap pantang menyerah, terutama saat berhasil menyelesaikan satu permainan. Keberanian dalam menghadapi tentangan dan mengambil risiko terlihat selama peserta mengikuti outbound.

Pada bagian panjat tebing, ini permainan yang sangat sulit, hanya sebagian peserta berhasil menuju puncak. Bagi peserta yang berhasil di panjat tebing, langsung bermain Flaying Fox dan mendapatkan hadiah bermain Paint Ball. Untuk permainan Paint Ball peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Permainan ini sangat seru dan peserta sangat antusias mengikuti permainan ini.

Tepat pukul 02.30 WIB, acara outbound berakhir. Peserta bersih-bersih, kemudian istirahat tidur. Menjelang pukul 04.30 WIB., seluruh peserta dan panitia bersiap-siap melaksanakan Shalat Shubuh berjama’ah. Kemudian acara dilanjutkan dengan acara muhasabah. Selepas muhasabah dan saling bermaaf-maafan, seluruh peserta kembali pulang.

Leave a Reply