SDSIT NURUL FIKRI

Siswa SDIT Nurul Fikri Dilatih Jadi Pengusaha

By October 2, 2015 No Comments

TUGU – Model program kesiswaan Market Day di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri merupakan studi tentang penanaman nilai-nilai kewirausahaan yang ditabur sejak dini. Siswa dari kelas 3 ini menjual berbagai makanan dan minuman dengan bertemakan bahan dasar dari tempe.

Mengikuti tema pembelajaran tematik tentang perkembangan teknologi, salah satunya perkembangan teknologi pangan. Sebelum market day dilaksanakan siswa-siswi melakukan praktek membuat tempe yang mendatangkan langsung narasumber pembuat tempe.

Setelah mereka mengetahui bagaimana membuat tempe, selanjutnya mereka membuat kreasi makanan dengan bahan utama tempe yang akan dijual di market day. Berbahan utama tempe, mereka membuat kreasi makanan yang beragam. Seperti burger tempe, spagetti dengan bumbu tempe, steak tempe dan beragam makanan lainya.

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan menjajakan dagangannya di sekitar lingkungan SIT Nurul Fikri. Market day sudah dimulai sejak kemarin Kamis (1/10/2015). Tujuan diadakannya Market Day adalah menumbuhkan jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreativitas dan inovasi pada siswa. Pada Market Day siswa biasanya terlibat menjual dan membeli.

“Menurut saya sistem penjualan sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa tidak hanya duduk dibalik meja dagangan tetapi juga berkeliling menawarkan dagangannya,” ujar salah satu orang tua siswa SDIT Nurul Fikri, Sri Sumarni, Jumat (2/10/2015).

Leave a Reply