SIT NURUL FIKRISMP

Sepuluh siswa SMPIT Nurul Fikri berprestasi terima Piagam Try Out

By February 5, 2013 No Comments

TUGU – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri Depok kembali memberikan penghargaan berupa piagam kepada siswa-siswinya dalam rangka peningkatan Uji coba ujian atau yang lebih dikenal dengan sebutan try out. Penghargaan piagam ini khusus diberikan kepada para siswa kelas 9 yang berprestasi memperoleh nilai try out tertinggi mulai dari peringkat 1 sampai dengan 10.

“Tadi kami sudah mengumumkan atau membagikan piagam penghargaan bagi siswa kelas 9, dan ini adalah try out yang kedelapan,” ujar Kepala sekolah SMPIT Nurul Fikri, Joko Prayitno, Depok, Senin (4/2/2013).

Menurut Joko penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas hasil upaya yang dicapai oleh para siswanya dan juga untuk memotivasi siswa lain agar mendapatkan hasil yang terbaik dalam Ujian Nasional (UN) nanti. Terlebih lagi, try out kali ini terlihat berbeda dengan try out sebelumnya. Selain memberikan penghargaan kepada siswa-siswi yang memperoleh nilai tertinggi juga memberikan piagam kepada siswa-siswi yang mengalami peningkatan nilai secara signifikan dimana siswa tersebut mendapatkan peningkatan nilai yang sebelumnya dia tidak termasuk di dalam nama-nama siswa yang berprestasi.

“Yang surprise adalah kita memberikan apresiasi ini bukan hanya kepada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi saja. Misalnya dia dapat peringkat 15 dengan nilai 60 dan pada try out berikutnya dia meraih nilai 80 misalnya, sementara range peningkatan nilai-nilai dari siswa-siswa yang lain tidak sampai sekian lompatannya. Nah, itu kita berikan apresiasi juga meskipun dia tidak termasuk 10 besar,” jelas Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, grafik nilai dalam try out yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dengan soal yang diujikan berstandar UN. “Try out optimalnya kami selenggarakan sebanyak delapan kali dan kalau masih ada waktu maksimal sampai 10 kali,” kata dia.

Joko berujar seringkali peningkatan nilai itu terjadi pada anak yang bisa jadi yang tadinya tidak ada di dalam jajaran 10 besar kemudian pada try out berikutnya dia masuk. “Sehingga posisi siswa yang di bawah ini pada try out berikutnya tergeser,” tutupnya.

Adapun tujuan diadakannya try out ini tentunya menjadi upaya awal dalam rangka persiapan menghadapi pelaksanaan UN 2013. Sehingga dampak hal yang dirasakan oleh para siswa-siswi kelas 9 adalah termotivasi untuk meningkatkan diri mereka masuk ke dalam anak-anak yang mendapatkan nilai try out terbaik.

Leave a Reply