SIT NURUL FIKRISMP

Lagi, SMPIT NF masuk Semifinal Optika 13

By February 5, 2013 No Comments

TUGU – Kedua kalinya Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri masuk ke semifinal Olimpiade Matematika (Optika) Se-Jawa ke 13 yang diadakan oleh Fakultas Pendidikan MIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ini adalah tahun kedua SMPIT Nurul Fikri mengikuti lomba matematika se-Jawa.

“Tahun ini kami masuk ke semifinal yaitu kelas 9. Dari tiga sekolah yang lolos ke semifinal salah satunya SMPIT Nurul Fikri. Kalau tahun lalu alhamdulillah kami juara umum,” ujar Kepala Sekolah SMPIT Nurul Fikri, Joko Prayitno, di ruang kerjanya, Depok, Senin (4/2/2013).

Terlebih lagi, dalam penyelenggaraan Optika 13 Se-Jawa ini, penyelenggara menunjuk Nurul Fikri menjadi tempat penyeleksian dalam tingkat Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) yang dihadiri peserta sebanyak 800 siswa dari 55 perwakilan sekolah yang ikut berpartisipasi.

Dari SMPIT Nurul Fikri sendiri mengutus enam siswanya yang terbagi dalam dua regu yakni regu satu dari kelas 9 terdiri dari M. Azka Widyanto, Nadhifa Hanan dan Aulia Fadhilla Rahman, sementara dari kelas 7 terdiri dari Ahmad Fatih, Sulaiman Yusuf, dan Ogya Farrosy.

“Kelas 9 yang lolos ke semifinal. Sekarang pelaksanaan semifinalnya di Bandung mulai dari hari senin (4/2) dan kalau lolos kita mewakili Jawa Barat,” tambah Joko.

Joko menjelaskan, bahwa tujuan dari mengikuti Optika ini adalah untuk menguji siswa Nurul Fikri khususnya dalam bidang matematika dan juga untuk meningkatkan prestasi murid-murid Nurul Fikri. “Karena dengan adanya ajang-ajang seperti ini tentu mentalitas siswa akan lebih terasah karena banyak bersosialisasi dengan peserta-peserta dari sekolah lain,” jelas Joko.

Dia menambahkan, lomba matematika se-Jawa ini akan menjadi tolak ukur kualitas pembelajaran dalam bidang matematika. Sebab, dengan adanya siswa yang ditandingkan dengan pihak sekolah lain akan memudahkan Nurul Fikri untuk melihat sejauhmana kualitas peningkatan kompetensi dikalangan siswa dalam pembelajaran matematika yang ada di SMPIT Nurul Fikri.

“Yang kedua, tentu akan menjadi prestasi sekolah, insyaAllah akan memberikan sebuah pandangan atau apresiasi positif dari masyarakat,” terang Joko.

Keikutsertaan SMPIT Nurul Fikri dalam lomba matematika ini telah menimbulkan animo di masyarakat untuk mendaftarkan putra putrinya ke SMPIT Nurul Fikri. “Alhamdulillah meningkat, misalnya tahun 2012 sebanyak 230 siswa dan sekarang sebanyak 272 siswa,” tangkasnya.

Optika adalah agenda tahunan BEMJ Pendidikan Matematika UIN Jakarta, peserta Optika adalah Sekolah Islam dan Madrasah tingkat MI/SDI, MTs/SMPI dan MA/SMAI se-JAWA. Optika menyaring sekolah-sekolah untuk menjadi yang terbaik di tingkat wilayahnya. Hanya yang terbaik sajalah yang akan berhasil membawa pulang piala bergilir Olimpiade Matematika.

Adapun hadiah yang disediakan oleh panitia untuk Tingkat MI/SDI, MTS/SMPI, MA/SMAI, meliputi: Juara 1 OPTIKA XIII se-Jawa : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan, Juara 2 OPTIKA XIII se-Jaw a : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan, Juara 3 OPTIKA XIII se-Jaw a : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan, Juara 1 OPTIKA XIII tingkat provinsi : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan, Juara 2 OPTIKA XIII tingkat provinsi : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan, Juara 3 OPTIKA XIII tingkat provinsi : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan.

Leave a Reply