SIT NURUL FIKRISMP

Seminar Parenting Untuk Orang Tua Siswa SMP

By May 14, 2011 No Comments

TUGU – SMPIT Nurul Fikri menyelenggarakan acara Seminar Parenting. Acara yang ditujukan untuk para orang tua ini bertema Memaksimalkan ‘Peran Ayah Sebagai Supporter Utama Ibu Dalam Mendidik Anak’ di gedung SMAIT Nurul Fikri, Sabtu (14/5).

Sebagai pembicara adalah Ustaz Mutammimul ‘Ula, anggota komisi I DPR RI dan Emma Indirawati, M.Psi., psikologi SIT Nurul Fikri. Mutammimul ‘Ula menjelaskan karena ketidaktahuan orangtua dalam memperlakukan seorang anak tersebut, dapat mematikan potensi yang dimiliki seorang anak. Anak membutuhkan figur dan keteladanan dari orang tua.

Menurutnya setiap orangtua berharap agar anaknya menjadi anak yang sholeh atau sholehah. Untuk membentuk ciri-ciri tersebut tidaklah mudah. “Seorang anak bisa menjadi apa yang diharapkan oleh orang tua hakikatnya dapat terbentuk dari dasar sikap keseharian yang diajarkan orangtuanya, pengaruh lingkungannya, sarana bermainnya, serta factor figure yang mempengaruhinya,” jelasnya.

Turut hadir ketua yayasan, Fahmy Alaydroes, dalam sambutannya ia mengatakan sangat senang dan bangga dengan diadakannya acara seperti ini. “Orang tua turut serta dalam membina pendidikan anak. Sesuai dengan tujuan dari sekolah Islam terpadu yang menginginkan akan lahirnya generasi yang berintelektual dan berbekal ilmu agama yang benar,” kata Fahmy.

Acara yang dipanitiai oleh Komite Sekolah SMPIT Nurul Fikri yang tergabung dalam wadah Parenting Club, Inspiration for the Parent. Menurut Sari Indra Dewi, ketua panita berkata kalau Parenting Club adalah kegiatan rutin dwi mingguan. “Dalam pertemuan dua mingguan ini, kami para orang tua siswa melakukan diskusi intern, sharing solusi, membahas tentang problem anak masing-masing dan bagaimana cara penyelesaiannya,” terangnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, komite mempunyai keinginan agar seluruh orang tua siswa hadir untuk mendapatkan ilmu parenting ini, agar dapat mendidik anak yang baik dan benar di rumah, kami adakan seminar parenting ini.

“Setiap pertemuan kami notulensikan, kelak notulensi ini akan kami jadikan buku yang kami akan berikan kepada seluruh orang tua siswa. Kebetulan ada salah seorang orang tua siswa yang berprofesi sebagai psykolog yang menjadi narasumber dalam setiap pertemuan kami,” tutupnya.

Leave a Reply