KOREA – Dua siswa SMP IT Nurul Fikri, Rafif Abdullah Ardiyanputra dan Muhammad Faris Daffa berhasil membawa pulang medali emas pada lomba bergengsi tingkat internasional, International Youth Robot Competition (IYRC) di Korea 2020, 5-6 September 2020 secara daring (dalam jaringan).

“Alhamdulillah siswa kita a.n. Rafif Abdullah dan M.Faris Daffa, meraih medali rmas di kompetisi Robotic Internasional,” tulis Kepala Sekolah, Teddy Azra melalui pesan singkat, whatsapp, 10/9/2020.

Indonesia berhasil membawa pulang 11 medali, diantaranya lima emas, dua perak, dan empat perunggu untuk kategori Robot Creation Senior.

Sementara negara lain seperti Thailand meraih 11 medali, India tujuh medali, Malaysia enam medali, Algeria lima medali, Colombia empat medali, Vietnam tiga medali, Russia dua medali, Myanmar dan Guyana masing-masing membawa pulang satu medali.

IYRC 2021 akan digelar di Russia. IYRC adalah kompetisi robot berskala global untuk generasi muda. IYRC terbuka luas untuk anak-anak berusia di atas 8 tahun yang suka membuat robot dan bahkan tidak tahu banyak tentang robot.

IYRC tidak hanya menawarkan kompetisi tetapi juga berbagai program termasuk eksperimen sains, kegiatan sosial, dan wisata atraktif. IYRC akan menjadi tempat yang tepat untuk berbagi ide-ide berorientasi masa depan dan konstruktif di antara para guru robot, pebisnis, dan pakar dari seluruh dunia.

Sementara IYRA adalah untuk Asosiasi Robot Pemuda Internasional yang menyelenggarakan IYRC. IYRA didirikan berdasarkan Rapat Umum Pertama di Daejeon, Agustus 2013, dan kantor pusatnya terdaftar di Seoul, Korea sebagai Organisasi Nirlaba.

Tujuan utama IYRA adalah memberikan kesempatan kepada para siswa muda untuk mengembangkan kemampuan dan impian mereka untuk masa depan dengan menyelenggarakan berbagai acara robot, kamp dan program pendidikan.

Leave a Reply