SIT NURUL FIKRISMP

Pelatihan dan Workshop Lesson Study

By November 30, 2011 No Comments

Sebanyak 40 guru Matematika dan Sains se-Kota Depok mengikuti pelatihan dan workshop dengan tema ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dan Sains SMP melalui Lesson Study bagi Guru-guru Jenjang SMP se-Kota Depok’, yang berlangsung di Gedung Fisika dan Biologi Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri, Cimanggis, kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Pendas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Muhammad Nurdin. Ketua Pelaksana, Heru Cahyadi mengatakan, kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional. “Meski baru pertama kali menggelar kegiatan ini, alhamdulillah hadir sebanyak 40 orang guru Matematika dan Sains dari berbagai sekolah swasta dan negeri di Kota Depok,” ungkap Heru.

Menurut Heru, pelatihan dan workshop bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika dan Sains melalui metode Lesson Study yang sering diterapkan di Jepang. “Amerika pun belajar Lesson Study kepada Jepang. Guru menjadi model, mengevaluasi dan memberikan masukan. Saya harap ini dapat menjadi budaya,” paparnya.

Dengan begitu, menurutnya timbullah kolegalitas antara guru matematika, serta sains dengan sains. Sementara itu, Kabid Pendas Disdik Kota Depok, Muhammad Nurdin menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan pelatihan tersebut. Ia berharap, kegiatan itu dapat ditindaklanjuti. “Lesson Study dikembangkan oleh guru matematika di Jepang. Dan sains tidak terlalu jauh dengan matematika,” ujarnya.

Perlu diketahui, kegiatan pelatihan dan workshop dilaksanakan selama tiga hari, 28 hingga 30 November 2011. Di hari terakhir, para peserta yang notabene guru matematika dan sains akan mempraktikkan secara langsung metode mengajar di hadapan para siswa. Panitia berharap, Lesson Study bisa dijadikan sebagai budaya demi peningkatan kualitas pendidikan.

Leave a Reply