DEPOK – Najla Wijaya, salah satu siswa kelas 4 dari SDIT Nurul Fikri, mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Cabang Menggambar Bercerita. Perlombaan diadakan secara virtual, dengan mengunggah proses pembuatannya melalui Youtube.

Bertemakan ‘Harapan Setelah Covid-19’ diikuti 158 orang untuk level SD. Menurut guru pendamping lomba, Nuryelly, selama mengikuti lomba dia menemani siswanya dengan merekam segala aktivitasnya, mulai dari membuat sketsa sampai mewarnai. “Karena pengumpulan pakai video,” kata Yelly.

Najla menggunakan seragam batik SDIT Nurul Fikri melakukan kegiatan lomba di perpustakaan sekolah. Tujuan mengikuti lomba ini menurut Yelly untuk melatih kepercayaan diri siswa dan daya ingat.

Menurut Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, penilaian karya Gambar Bercerita dilakukan dengan beberapa ketentuan. Mulai dari keterkaitan tema dengan aspek visual pada gambar berupa kreativitas dan ide.

“Orisinalitas dan kemampuan peserta dalam menguasai alat atau medium menggambar juga menjadi kriteria penilaian. Termasuk, penguasaan unsur seni rupa, baik bentuk, warna, bidang, dan garis,” kata Thamrin saat secara resmi membuka FLS2N melalui aplikasi Zoom, Kamis (27/8).

Leave a Reply