DEPOK – Kondisi pandemik Corona yang sedang melanda dunia tak membuat surut pramuka SMPIT Nurul Fikri menggelar Masa Orientasi Pramuka atau lebih dikenal dengan nama MOPRAM melalui secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom selama dua hari, Jumat-Sabtu (14-15/8/2020).

Menurut salah satu panitia acara, Kak Sultoni, Masa Orientasi Pramuka dan kelanjutan adalah sebagai Model Blok pembinaan kepramukaan. “Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru,” terang Kak Sulton dalam pesan singkat whatsapp.

Mopram bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.
“MOPRAM kali ini dilaksanakan dengan online dengan mengenalkan kepramukaan di SMPIT Nurul Fikri, sejarah kepramukaan, quiz dan permainan,” katanya.

Dilaksanakan dua hari, lanjut Kak Sulton, yaitu Jumat, 14 Agustus 2020, bertepatan dengan HUT Pramuka dan Sabtu 15 Agustus. Jumat adalah technical meeting kegiatan dan Sabtu upacara pembukaan virtual dan materi kegiatan.

“Kegiatan akan dibuka oleh Kepala sekolah selaku Mabigus dan amanat dari ketua gugus depan SIT Nurul Fikri,” tandasnya.

Kegiatan diikuti 134 siswa kelas 7 dan dibantu para pembina dan Kakak-kakak Dewan Penggalang. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini karena dapat bertemu dengan teman-teman, bermain dan jadi lebih mengenal tentang kepramukaan Penggalang di SMPIT Nurul Fikri.

Leave a Reply