Quran

Menjaga Lisan Termasuk Bagian Iman

By June 14, 2013 No Comments

Allah berfirman, “Dan Janganlah engkau mengikuti apa yang engkau tidak memilki pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta tangung jawabnya”. QS. Al Isra : 36.

Allah Berfirman, “Dan kalian katakan dengan mulut kalian apa yag kalian tidak ketahui. Kalian menganggapnya suatu yang ringan saja, padahal disisi Allah adalah Besar.” QS. An Nur : 15. Allah Berfirman, “Tidak ada satu kata yang diucapkannya melainkan ada disisinya malaikat pengawas yang selalu siap mencatat.” QS. Qof : 18.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir maka katakanlah yang baik baik atau diam.” Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim. Maksudnya, siapa yang beriman dengan keimanan yang sempurna hendaknya ia berkata yang baik, dan jika tidak maka hendaknya ia diam. Karena orang yang beriman kepada Allah dengan keimanan yang benar maka ia mengharapkan pahala-Nya, takut ancaman-Nya, berusaha mengerjakan perintha-Nya, menjauhi segala larangan-Nya; di antara ia memelihara seluruh anggota tubuhnya agar tidak melakukan sesuatu yang mengundang kemurkaan-Nya. Salah satu anggota tubuhnya tersebut adalah lisannya.

Rasulullah Bersabda, “Barang siapa menjamin kepadaku apa yang ada diantara 2 bibir (lisan) dan apa yang ada diantara dua  kaki (kemaluan), maka aku menjamin syurga baginya.” Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim.

Saudaraku yang dirahmati Allah, marilah kita jadikan lisan kita sebagai jembatan menuju Syurganya Allah SWT, lisan yang senantiasa berbicara karena Allah SWT dan tidak berbicara melainkan karena Allah SWT.

Penulis : Drs. Sulamul Munawaroh

Leave a Reply