Quran

Hati yang bersih

By April 19, 2013 No Comments

Saudaraku… Hati yang bersih pasti akan mengeluarkan kata-kata yang bersih pula. Istilah hati dalam bahasa Arab disebut Qalbun, yaitu anggota badan yang letaknya di sebelah kiri dada dan merupakan bagian terpenting bagi pergerakan darah. Dikatakan juga hati sebagai Qalb, karena sifatnya yang berubah-ubah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam pernah bersabda, “Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging yang jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuhnya dan Jika ia buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya, ia adalah hati. (Muttafaq alahi).

Rasulullah bersabda: “Seorang mukmin adalah seorang yang memiliki hati yang mulia, dan orang yang jahat adalah dengki lagi hina.” (Abu Daud dan Tirmidzi).

Lalu, bagaimana ciri-ciri manusia yang terbaik di dalam Islam? Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apa ciri manusia terbaik? Beliau menjawab: Semua orang yang hatinya bertaqwa dan benar lisannya, mereka berkata: jika mengenai lisan kami memahaminya, lalu apa yang dimaksud dengan bersih hatinya? Beliau menjawab: Ia adalah yang bertaqwa dan bersih, tidak dosa, tidak kezhaliman di dalamnya, dan tidak ada pula iri dan dengki serta benci”. (Ibnu Majah).

Saudaraku… Semoga kita digolongkan Allah termasuk orang yang bersih hatinya bebas dari hasad, dengki serta benci dan dianugerahkan rasa cinta sesama saudara seakidah. Marilah saudaraku kita menjaga hati ini agar tetap sehat dan tidak berkarat. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

Penulis : Drs. Sulamul Munawaroh

Leave a Reply