SDSIT NURUL FIKRI

Gerakan Jum’at Bersih Menuju Adiwiyata

By February 15, 2013 No Comments

Pagi tadi, Jum’at (15/2/2013) tepat di lokasi Jalan Lucky Abadi, Tugu, Cimanggis, Depok terlihat berbeda dari hari biasanya. Sepanjang jalan ramai dipenuhi lautan anak-anak sekolah dasar yang memakai seragam biru dan pramuka memadati pinggir jalan tersebut. Ternyata itu adalah anak murid dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri, rupanya ada acara Jumat Bersih.

Terlihat mereka begitu bersemangat diwarnai dengan canda dan tawa, berjibaku memungut sampah menyusuri tiap bahu jalan. Tak terlihat rasa malas di wajah mereka, dengan penuh riang mereka berlari kecil menjejaki setiap sudut jalan dengan langkah-langkah kaki kecil mereka menuju tempat yang masih saja banyak masyarakat membuang sampah sembarang. “Pak, pak, ini kantong sampahnya sudah penuh,” seru salah satu siswa SDIT Nurul Fikri kepada Kepala Sekolahnya, Ahmad Sukarya yang saat itu ikut mendampingi mereka.

Tak berselang lama mereka berlomba-lomba memenuhi kantong dengan sampah yang ada di sekitar jalan tersebut, lewatlah sebuah mini truk sampah dengan laju yang sedikit lambat tepat di hadapan mereka. “Paaaak, jangan pergi duluuu… ini sampahnya!” teriak mereka dengan sedikit berlari.

Sementara, matahari mulai menggelitik kulit mereka menandakan waktu mulai beranjak siang. “Bu guru, jari tanganku sakit,” keluh siswa kelas 6 itu dengan sedikit manja. “Sudah nak, taruh disana saja, sebentar lagi truk sampahnya lewat,” jawab salah satu guru mereka.

Memang, ini adalah kegiatan rutinitas SDIT Nurul Fikri setiap hari Jum’at. Namun, sempat beberapa kali vakum karena kesibukan Nurul Fikri yang sudah beberapa kali ditunjuk menjadi tuan rumah dalam beberapa kegiatan pendidikan seperti olimpiade dan lainnya. Apalagi SDIT Nurul Fikri sedang mempelopori dirinya untuk menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional bahkan Mandiri. Sehingga kegiatan sosial ini insyaAllah akan digalakkan untuk tetap continue.

Leave a Reply