SIT NURUL FIKRISMA

Bangkitkan Semangat Jihad Lewat Maulid Nabi

By February 8, 2013 No Comments

TUGU – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1434-H, Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri mengadakan mabit atau bermalam di lingkungan SMAIT Nurul Fikri, Jalan H. Sairi, 145, Tugu Cimanggis, Depok, dalam bentuk Pesantren Kilat (sanlat) yang dikhususkan untuk kelas X dan XI. Mabit merupakan salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah).

“Tujuan dari kegiatan positif ini yaitu supaya kita mengingat kembali perjuangan-perjuangan Rasulullah zaman dahulu,” terang Ketua Panitia Acara Maulid SMAIT Nurul Fikri, Muadz Zulkarnaen, Depok, Jumat (9/2/2013).
Muadz menjelaskan, bahwa perlunya kegiatan ini dikarenakan kondisi zaman sekarang berbeda dengan zaman Rasulullah, dimana pada saat itu musuh kaum muslimin terlihat nyata sementara di zaman sekarang musuh kaum muslimin sudah susah dibedakan.

“Di zaman Rasul berjihad dengan cara berperang. Nah, kalau zaman sekarang zaman modern sudah berbeda. Jadi, saat ini adalah perang pemikiran antar sesama maka dari itu kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menjelaskan bagaimana cara kita melawan itu, bagaimana cara kita menghindari hal-hal itu dari dunia modern ini,” terang Muadz.

Adapun perang pemikiran atau ghazwul Fikri adalah cara lain dari barat untuk menghadapi umat islam khususnya dalam merusak sendi-sendi islam bahkan keseluruhan. Perang pemikiran berbeda dengan perang militer atau fisik. Perang pemikiran lebih ‘mudah’, hemat waktu dan biaya bahkan lebih efektif dari perang fisik yang banyak menguras tenaga juga biaya yang tidak sedikit.

Acara yang sedang berlangsung hari ini (Jumat,8/2/2013) sejak pukul 10.00 sampai dengan Sabtu, 9 Februari 2013 pukul 10.00 wib diisi berbagai kegiatan, diantaranya ada beberapa perlombaan seperti lomba CCS (Cerdas Cermat Sejarah Islam), nasyid, dan kultum (kuliah tujuh menit). Selain itu, mabit yang bertemakan “Awaken The Jihad Spirit” juga menghadirkan praktisi pendidik Dedi Martoni sebagai pembicara pertama dan salah satu personil nasyid IZIS (Izzatul Islam), Afwan sebagai pembicara kedua.

“Kak Afwan sebagai pemberi materi kedua, nanti dia akan menceritakan keadaan Palestina disana. Tidak hanya itu, nanti mereka (Izis) juga performance, ada juga performance dari kakak kelas yang akan bernasyid untuk ikut meramaikan acara ini,” jelas siswa kelas XI ini.

Kegiatan yang diprakarsai oleh divisi rohis ini juga diwarnai agenda pemutaran film. “Inti dari kegiatan ini selain mengingat perjuangan Rasul juga akan menjadi bekal teman-teman nanti kedepannya dalam menempuh jalan hidup. Apalagi banyak kegiatan bersama-sama sehingga akan mempererat dua angkatan ini,” tandas Muadz yang juga salah satu personil nasyid.

Leave a Reply