SIT NURUL FIKRISMA

Delapan Mahasiswa Master Jepang Mengajar di SMAIT Nurul Fikri

By February 27, 2013 No Comments

DEPOK – Sebanyak delapan mahasiswa Jepang pasca sarjana dari Chiba University melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri hari ini, Rabu (27/2/2013) dalam rangka memberikan materi pembelajaran atau guru tamu yang berkaitan dengan sains dan kultur.

“Kegiatan mengajar ke sekolah-sekolah yang ada di Indonesia merupakan program yang pertama kalinya kami lakukan dimana kami selaku dari Chiba University sebagai penyelenggaranya,” ujar perwakilan Chiba University yang berkantor di Universitas Indonesia (UI), Naulita, Depok.

Tujuan program kerjasama yang dinamakan Twinkle Program ini adalah sebagai upaya untuk lebih mempererat hubungan yang sudah terjalin dengan Indonesia khususnya dengan universitas-universitas negeri yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami ingin memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa Chiba University agar mereka juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru di luar negaranya. Rencananya program ini akan dicanangkan untuk lima tahun kedepan,” terang Naulita.

Menurut Boma, selaku pendamping Chiba University dari UI ini mengatakan bahwa program dari Universitas Negeri Jepang ini sebagai ajang untuk mendiskusikan atau berbagi ilmu khususnya dibidang pengetahuan dan dua kebudayaan yakni Jepang dan Indonesia. “Semoga kegiatan ini sebagai wadah untuk membangun link sehingga bisa dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia,” terang Boma yang juga berprofesi sebagai asisten dosen UI itu.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Wakil Bidang Kesiswaan SMAIT Nurul Fikri, Suratno, yakni tempat untuk membangun jaringan dengan mereka dengan adanya kerjasama yang lebih jauh. “SMAN 38 sudah mengirimkan siswa, guru, dan pegawainya untuk berkunjung ke Chiba University maupun universitas-universitas lainnya. Harapan kami, semoga SMAIT Nurul Fikri juga kesana,” timpal Suratno.

Kegiatan yang di amanatkan oleh pemerintahan Jepang ini baru diluncurkan tahun 2013 dengan menjaring beberapa mahasiswa master dari berbagai jurusan yang telah lulus seleksi untuk ditugasi memberikan pengajaran ke sekolah-sekolah yang telah ditunjuk oleh rekan kerja Chiba University seperti UI, Udayana, Unpad, UGM, IPB, Unhas, dan lain-lain.

“Kami senang dengan program ini, terlebih lagi melihat respon siswa-siswi kami yang sangat luar biasa antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi di SMAIT Nurul Fikri juga ada Japanese Club,” tandas Suratno.

Leave a Reply