DEPOK – Siswa kelas 4 dari SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi padlet dengan tema English Conversation Class: Drafting Mini Project on Padlet “Speak Up Your Dream” melalui aplikasi zoom, Senin (25/1/2021).

Padlet adalah aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen.

Semester 2 ini, SIT Nurul Fikri menggunakan tambahan aplikasi pembelajaran online. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa melalui aplikasi pembelajaran online yang lebih variatif, interaktif, atraktif, dan efektif dibanding dengan pembelajaran online di semester satu.

Walau di tengah corona pembelajaran tetap mengggunakan pendekatan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). Ada empat aplikasi yang dapat digunakan oleh para guru dalam proses pembelajaran online yang memenuhi kebutuhan sekolah yaitu Pear Deck, Padlet, Edpuzzle dan Flipgrid.

“Untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi tersebut maka frekuensi penggunaan oleh para guru distandarkan, yaitu aplikasi Flipgrid digunakan minimal satu kali per semester sedangkan Pear Deck, Padlet, dan Edpuzzle dipakai dua kali per semester,” kata Joko Prayitno, Direktur Pendidikan SIT Nurul Fikri.

Leave a Reply