Parenting

Ajarkan si Kecil Berdoa Sejak Dini

By January 13, 2020 No Comments

Orang tua harus selalu mengajarkan dan membimbing anaknya untuk berdoa, karena doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling mudah.

Dengan mengajarkan anak berdoa sejak dini, mereka terbiasa untuk selalu berdoa. Selain itu, doa-doa yang dipanjatkan oleh anak dapat menjadi penolong bagi orang tua di akhirat nanti.

Selalu ajarkan dan bimbing anak berdoa sejak dini, ya Bunda! Karena banyak sekali keutamaan dari berdoa, karena berdoa merupakan merupakan bentuk ibadah yang paling mudah dalam mengidentifikasi penghambaan diri manusia. Dan seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah, yaitu terdapat 3 doa yang paling mustajab.

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Riwayat ini menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab. Jadi, selalu ajak anak untuk berdoa ya, Bunda agar doa mereka dapat menjadi amal dan penyelamat kita di akhirat nanti. Aamiin.

Sumber : @parenting_islam.id

Leave a Reply