SIT NURUL FIKRISMP

Taekwondo Latih Mental Siswa

By May 9, 2014 No Comments

TUGU – Untuk mencetak generasi siswa berkarakter disiplin, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menyediakan ekstrakurikuler (ekskul) cabang olahraga beladiri taekwondo. Disini, SMPIT Nurul Fikri tidak hanya melulu fokus untuk menciptakan siswa yang berkualitas pada segi akademik saja. SMPIT Nurul Fikri memanfaatkan kegiatan-kegiatan ekskul untuk menjadi pendukung dalam menciptakan siswa yang siap terjun ditingkat yang lebih tinggi, ataupun di masyarakat.Seperti yang dituturkan oleh Wakil kepala Bidang Kurikulum SMPIT Nurul Fikri, Heru Cahyadi, salah satu ekskul yang bisa menciptakan siswa berkarakter adalah taekwondo. Karena, dengan menekuni olahraga beladiri ini, bisa menciptakan siswa yang berdisiplin. Karena olahraga ini harus memiliki ketekunan dan kondisi fisik yang kuat.

Dengan menyertakan siswa dalam kegiatan ekskul, tambah Heru, siswa memiliki ajang untuk mengasah bakat dan potensi mereka. Sehingga, siswa bisa berekspresi diluar bidang akademik. “Intinya keahlian bela dirinya digunakan hanya untuk membela diri, jangan menggunakannya untuk hal2 yang negatif. karena taekwondo diajarkan cara berkelahi dengan tehnik-tehnik tertentu,” katanya.

Ekskul taekwondo sudah diselenggarakan sejak SMPI NF berdiri, yakni pada tahun 1996. semenjak didirikan, ekskul taekwondo sudah menjadi salah satu ekskul favorit siswa. Karena, ekskul taekwondo banyak manfaatnya untk siswa. selain bisa untuk membela diri, juga untuk melatih mental siswa tampil atau menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Terlebih lagi, siswa yang menjadi anggota ekskul taekwondo diberikan penguatan mental. Untuk menerapkan tehnik tersebut, siswa harus melatih kesabaran dalam mencari kelemahan dan celah dari lawan. “Kesabaran juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak menggunakan keahlian taekwondonya ke orang lain,” jelas Heru.

Latihan taekwondo diadakab diakhir pekan, sabtu jam 08.00. Dengan begitu, siswa diajarkan berdisiplin dengan waktu. “Kami berusaha untuk terus mengikutsertakan siswa dalam berbagai ajang kompetisi, itu dimaksudkan untuk melatih mental bertanding siswa,” tandasnya.

Leave a Reply