SIT NURUL FIKRISMA

Ekskul KIR Wadah Bagi Penelitian Siswa

By May 12, 2014 No Comments

TUGU – Banyak cara untuk mengembangkan potensi siswa dalam bidang akademik dan non akademik. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri memberikan kesempatan untuk para siswanya yang duduk dibangku SMP dan SMA untuk melakukan pendalaman pada bidang digemarinya dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Karya Ilmiah Remaja atau KIR merupakan wadah yang dibentuk oleh SIT Nurul Fikri. Disini para siswa lebih dalam mempelajari ilmu sains.

Untuk siswa SMP hanya sampai tahap pengenalan saja, karena harus disesuaikan dengan jenjangnya. Karena ekskul KIR dijenjang SMP menjadi wadah siswa untuk berkreasi dan mengembangkan potensi bakat yang sesuai dengan dengan tumbuh kembangnya.

“Ekskul adalah kegiatan siswa untuk mengembangkan dirinya, jangan sampai siswa tidak memiliki kesibukan yang mengarahkan mereka untuk selalu berkegiatan positif,” tukas salah satu guru IPA SMPIT Nurul Fikri, Elsya.

Sementara untuk SMA sudah sampai tahap melakukan penelitian yang sampai mengarah pada penemuan-penemuan. Kegiatan ekskuk KIR diadakan setiap sabtu di ruang laboratorium IPA. Materi yang diberikan adalah pengetahuan tentang alam seperti menganalisis makanan dan minuman di rumah sendiri.

“Dengan alat sederhana dan mudah didapatkan, siswa dapat bereksperimen. Dengan menggunakan kertas saring yang sudah dikeringkan setelah direndam dicairan kunyit. jadi, sebuah makanan yang digerus sampai menegluarkan ekstrak, lalu dicampurkan dengan air bening. setelah itu, dicelupkan kertasnya. jika kertasnya berubah warna menjadi merah, maka dicurigai ada boraks. tetapi blm tau kadar kandungan boraksnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu anggota ekskul KIR SMPIT NF, Nabila Syahfitir menjelaskan, ketertarikan dirinya untuk bergabung di ekskul KIR, karena bisa menerapkan ilmu-ilmu yang didapat saat di kelas. Misalnya, dikelas dirinya mendapatkan penjelasan mengenai berbagai macam bahan kimia dengan segala fungsinya. Di ekskul KIR, semua bisa dipraktekkan secara langsung. “Dengan adanya kegiatan ekskul, disekolah tidak jadi menjenuhkan, karena, siswa bisa berkreasi dan mencoba beberapa hal baru yang tidak bisa dilakukan di kelas,” singkatnya.

Leave a Reply