DEPOK – Memasuki bulan Maret 2021, SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri mulai bersiap-siap akan menggelar pameran penelitian yang lebih dikenal dengan program Riset Expo. Acara akan digelar selama dua hari, 15-16 Maret 2021.

Kali ini bentuk pameran sedikit unik dibandingkan dengan tahun lalu. Pameran yang biasanya diadakan dalam bentuk fisik atau offline, namun tahun ini dibuat secara virtual karena adanya wabah pandemi virus corona. Walau demikian tak mengurungkan kegiatan yang tiap tahun selalu digelar.

Pameran riset yang bertajuk “Research is the Path to a Glorious Future” ditujukan untuk kelas X dan XI dalam bentuk poster digital berukuran 1080 x 1350 pixel dengan format jpeg/jpg. “Kegiatan ini bertujuan untuk gebyar dan publikasi karya siswa kepada civitas SIT Nurul Fikri,” ucap salah satu panitia acara, Denisya.

Adapun ketentuan pameran Riset Expo 2021 adalah, sebagai berikut:

  1. Kegiatan dilakukan secara online menggunakan media sosial yaitu instagram (IG) @risetsmaitnf
  2. Mengunggah twitpict setiap harinya di IG dan BC untuk siswa memfollow IG @risetsmaitnf dan @smaitnf
  3. Bahan yang diunggah adalah poster siswa berisikan Karya Ilmiah yang dibuat singkat
  4. Siswa membuat poster dari bahan karya ilmiah yang sudah mereka buat
  5. Poster siswa akan diunggah mulai 10 – 15 Maret 2021
  6. Poster karya ilmiah adalah siswa dari kelas X dan XI

Untuk ketentuan poster ilmiah digital yaitu, pertama terdapat judul penelitian, nama penelitian, kelas, abstrak, latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan. Kedua, lanjut Denisya, poster ilmiah digital dibuat menggunakan software desain grafis seperti canva, adobe ilustrator, photoshop, corel draw, dll. “Sesuaikan desain dengan tema penelitian, sisipkan logo Nurul Fikri, logo bisa diunduh melalui link s.id/logonf,” tandas Denisya.

Leave a Reply