Skip to main content

DEPOK – Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi diri siswa dalam Pembelajaran mandiri (self-regulated learning), SIT Nurul Fikri memfasilitasi para siswanya dalam bentuk pengisian manual Student Planner sebagai alat atau metode untuk membantu para siswa menyusun jadwal kegiatan sehari-hari secara teratur.

Student Planner ini berupa tabel atau pengingat (reminder) yang memiliki tujuan dalam belajar dan memiliki kemandirian dalam membuat perencanaan, mengatur diri, dan melakukan evaluasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah disusun.

Menurut salah satu psikolog SIT Nurul Fikri, Nerissa Arviana, Student Planner adalah tools yang digunakan untuk mencatat aktivitas belajar siswa, mulai dari perencanaan, proses, sampai evaluasi kegiatan belajar sehari-hari agar tercapainya tujuan siswa pembelajar mandiri.

“Dengan student planner kita dapat mengetahui apa yang sudah dipelajari, apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu diperbaiki. Kita juga berlatih mengatur dan memimpin diri kita untuk mencapai tujuan belajar, serta menjadi Muslim yang SMART (Sholeh, Muslih Cerdas, Mandiri, Terampil) sesuai NF Learner Profile,” terang Nerissa.

Self regulated learning adalah strategi belajar yang mampu membuat siswa mandiri dalam belajar dan meningkatkan prestasi akademik mereka, menetapkan strategi untuk belajar yang efisien, juga membantu siswa untuk mengidentifikasi kurangnya pemahaman mereka dan kebutuhan untuk mencari bantuan yang diperlukan untuk membantu proses belajar mereka.

Leave a Reply