DEPOK – Dalam situasi pandemi Covid-19, tahun ajaran baru akan mengambil bentuk mengacu pada keputusan bersama 4 menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran tahun ajaran 2020/2021. SKB 4 menteri setebal 35 halaman itu adalah rujukan dalam pelaksanaan pembelajaran 2020/2021. Zone Kuning, Oranye dan Merah dilarang melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka dan tetap melakukan BDR.

Penerapan pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah menekan pertumbuhan penularan virus Corona untuk klaster satuan pendidikan yang sedang melanda dunia. Dalam pelaksanaannya SIT Nurul Fikri menerapkan dua media pembelajaran yakni melalui platform zoom dan google classroom.

Inilah salah satu penerapan pembelajaran jarak jauh yang sedang berlangsung di unit SMPIT Nurul Fikri. Siswa mendengarkan guru yang sedang menerangkan mata pelajaran matematika melalui platform digital zoom.

Durasi pembelajaran yakni 35 menit per mata pelajaran, berikut adalah tata cara pembelajaran jarak jauh di SMPIT Nurul Fikri:
1. Berniatlah sungguh-sungguh mengharapkan keridhoan Allah dalam mengikuti kegiatan PJJ
2. Informasikan waktu dan tempat Anda melaksanakan PJJ tatap muka online kepada keluarga Anda agar anggota keluarga Anda mengetahui bahwa Anda sedang PJJ
3. Persiapkan alat belajar yang dibutuhkan sebelum mengikuti PJJ tatap muka
4. Pakailah pakaian yang bersih, rapi, berkerah dan syar’i.
5. Atur cahaya ruang tempat Anda PJJ (pencahayaan cukup dan tidak redup) agar tidak membahayakan kesehatan mata
6. Atur posisi dalam keadaan duduk dengan jarak antara Anda dengan gadget antara 30 – 40 cm
7. Masuk ke room tepat waktu
8. Menuliskan nama lengkap dan kelas dikolom chat zoom
9. Aktifkan video dengan penampilan nyata Anda
10. Tidak membuka aplikasi lain kecuali yang diminta oleh guru
11. Ucapkan salam
12. Aktifkan mode mute saat guru menerangkan
13. Aktif mengikuti pembelajaran dengan bertanya atau menjawab jika guru bertanya
14. Aktiflah memberikan pendapat dengan sebelumnya meminta izin guru melalui mode angkat tangan pada aplikasi yang digunakan dan berbicara saat sudah dipersilakan oleh guru
15. Ucapkan terima kasih dan salam kepada guru sebelum meninggalkan room saat pembelajaran selesai

 

Leave a Reply