SIT NURUL FIKRI

Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah

By September 1, 2019 No Comments

Tahun baru Islam adalah tahun baru berdasarkan kalender Islam. Berbeda dengan penanggalan Masehi, penanggalan Islam merujuk pada perputaran bulan, sedangkan Masehi merujuk pada matahari. Pergantian tahun dalam Islam dilakukan dengan doa syukur dan permohonan kebaikan-kebaikan.

Pemaknaan bulan Muharram 2019 berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

Mari di tahun baru ini kita awali dengan kebaikan demi meraih keridhoan-Nya. Karena Allah itu maha adil, akan ada langit cerah setelah badai hujan, akan ada kemudahan setelah kesulitan, dan akan ada kebahagiaan setelah kesedihan.

Dan jangan lupa kita panjatkan doa awal bulan dengan bacaan yang bunyinya,

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ….الخ. 

“Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam… dst.”

Kami segenap keluarga besar SIT Nurul Fikri mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah. [Tim Redaksi]

Leave a Reply