DEPOK – Hari Buku Anak Sedunia pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi yang bernama International Board of Books for Young People (IBBY) pada tahun 1966. Sejak saat itu, Hari Buku Anak Sedunia tetap dirayakan setiap tanggal 2 April untuk mengenang bapak dongeng dunia, Hans Christian Andersen.

Bagi kamu yang semasa kecil hobi membaca buku, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Hans Christian Andersen adalah seorang penulis cerita anak yang berasal dari negara Denmark. Beberapa karyanya yang terkenal sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan masih diterbitkan hingga hari ini.

Kamu pasti pernah mendengar atau membaca buku yang berjudul Si Itik Buruk Rupa, Gadis Penjual Korek Api, atau pun Legenda Putri Duyung. Ya ketiga buku tersebut merupakan beberapa dari sekian banyak karya Hans Christian Andersen yang mendunia.

Hans Christian Andersen sendiri lahir di Denmark pada 2 April 1805. Tanggal kelahiran beliau lah yang menjadi penanda Hari Buku Anak Sedunia sebagai penghargaan atas kontribusi beliau memperkaya khazanah cerita dan buku anak bagi dunia.

Leave a Reply