DEPOK – Bertemakan Understand Yourself Better Through Art, para siswa dari SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri mengikuti Art Workshop bersama Mustika Yundari, MPsi, secara virtual, Kamis (25/2/2021).

“Art Workshop adalah sebuah kegiatan internal SMAIT Nurul Fikri yang berbentuk workshop dan diisi dengan penyampaian materi oleh psikolog, praktik, sesi sharing, serta sesi tanya jawab. Art Workshop ini bertema “Understand Yourself Better Through Art”. Pada praktiknya, siswa-siswi akan membuat karya sesuai perasaan dan pikiran mereka,” terang Reza, PJ Humas SMAIT Nurul Fikri melalui pesan singkat, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan ini, lanjut Reza, untuk membantu siswa-siswi dalam mengenali diri sendiri, menyalurkan emosi yang dirasakan siswa/i melalui pembuatan karya seni, dan membantu mengurangi stres siswa-siswi. Acara ini diketuai oleh Saruri selaku Pembina OSIS SMAIT Nurul Fikri dan dimulai sejak pukul 07.00 sampai 11.40 melalui aplikasi zoom.

Dalam workshop tersebut, Mustika mengatakan, manfaat art untuk mengenal diri sendiri. Pertama, proses menggambar diri, membantu kita mengenali berbagai perasaan positif dan negatif yang muncul tentang diri kita.

“Proses ini membantu kita untuk mengungkapkan diri kita (siapa kita, saya melihat diri seperti apa, menghargai atau tidak, dll) sehingga kita dapat bebas dari perasaan tidak nyaman, memberikan kelegaan dan kesadaran bagaimana kita memandang diri kita sendiri selama ini,” ujarnya.

Kedua, dengan proses menggambar diri akan membantu kita untuk menemukan kemampuan yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Ketiga, dakam proses pembuatan gambar diri dapat menjadi sebuah pencapaian bagi kita dimana kita dapat membangun rasa percaya diri dan memupuk self-worth untuk diri kita.

Leave a Reply