DEPOK – Salah satu kegiatan untuk memaksimalkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini adalah melalui bermain. Salah satu permainan tersebut ialah tepuk tangan, selain memberi dampak positif bagi kecerdasan anak, bertepuk tangan juga membantu kelancaran arus darah ke otak.

Tepuk tangan yang dilakukan oleh anak usia dini dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan perkembangan yang penting, salah satunya ialah motorikĀ anak sehingga dapat menghasilkan tulisan tangan yang rapi, menulis dengan lebih baik serta sedikit membuat kesalahan ejaan.

Untuk mengembangkan motorik anak, TKIT Nurul Fikri mengajak para siswanya untuk bermain tepuk tangan pola. Menurut guru TKIT Nurul Fikri, Sumini, mengatakan bahwa kegiatan tepuk tangan sebagai cara untuk melatih konsentrasi siswanya.

“Tepuk tangan untuk melatih konsentrasi siswa dalam kesiapan belajar di saat pagi hari,” kata Sumini. Manfaat lain tepuk tangan adalah anak-anak diajarkan melatih integritas sosialnya dengan teman-teman yang lain, sehingga kemampuan sosialisasinya lebih baik.

“Pemberitahuan awal aturan bermain, siswa melakukan sesuai instruksi, seperti Pagi maka tepuk 1x, Siang maka tepuk 2x, Sore maka tepuk 3x, dan Malam maka tidak ada tepuk (tidur),” lanjut Sumini.

Dengan permainan struktur kognitif anak lebih dalam, lebih kaya dan lebih sempurna dan manfaat lain tepuk tangan adalah anak-anak diajarkan melatih integritas sosialnya dengan teman-teman yang lain.

Leave a Reply