Skip to main content

DEPOK – Dua sekolah dari Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri yaitu SDIT Nurul Fikri dan SMPIT Nurul Fikri berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Depok tahun 2023.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata langsung diserahkan oleh Elly Farida istri dari Walikota Depok, Mohammad Idris, pada hari Peringatan Lingkungan Hidup di Padepokan Kota Depok, Selasa, 27 Juni 2023.

Teddy Azra, Kepala Sekolah SMPIT Nurul Fikri mengucap syukur atas perolehan penghargaan ini. “Alhamdulillah, SMPIT Nurul Fikri meraih sekolah Adiwiyata 2023,” seru Teddy.

Menurut Teddy, hal ini menjadi sebuah tantangan untuk terus menjaga lingkungan sekolah yang hijau, nyaman, bersih, indah, tertib dan rapi. “Sehingga, sekali lagi kegiatan pembelajaran yang ada di ssekolah ini dapat dilaksanakan dengan senyamannya oleh seluruh warga sekolah,” tambahnya.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri, Fahmi Irvanysah. “Alhamdulillah, SDIT Nurul Fikri kembali mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat kota Depok tahun 2023,” ujarnya.

Fahmi berharap, melalui program berbudaya lingkungan ini, SDIT Nurul Fikri bisa melaju ke tingkat provinsi, nasional bahkan mandiri. “Mohon doanya semoga program yang baik ini bisa terus menjadi budaya yang baik di SDIT Nurul Fikri sebagaimana visi kami menjadi sekolah rujukan dalam pembinaan generasi sehingga bisa berkontribusi untuk peradaban umat manusia ke depan,” terang Fahmi.

Adiwiyata adalah program pendidikan berbudaya lingkungan yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Kriteria penilaian Sekolah Adiwiyata ada beberapa komponen yang harus dipenuhi antara lain adanya kurikulum atau pembelajaran di sekolah, ekstrakurikuler dan pembiasaan diri yang mengintegrasikan aksi penerapan lingkungan. Misal, kebersihan, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan tanaman.

Tujuan program ini diantaranya menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah agar turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Leave a Reply