SIT NURUL FIKRITK

Main Balok Pemicu Stimulasi Kreatifitas Anak

By April 14, 2015 No Comments

TUGU – Bermain dengan balok merupakan salah satu melatih dan memicu stimulasi kreatifitas anak hal ini dikarenakan anak akan membuat desain menggunakan balok dengan hasil ide sendiri.

Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri memiliki program pendidikan yang dinamakan Sentra Rancang Bangun. Mainan balok ini berisi macam-macam balok dengan berbagai bentuk dan ukuran untuk menciptakan bangunan yang diimajinasikan anak. Misal rumah, kebun binatang, gedung perkantoran, dan lain-lain.

Anak juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah serta memperkuat daya konsentrasi. Anak diajak untuk bentuk geometri, melatih cerdas ruang, kemudian bagaimana dengan bahan yang ada anak-anak dapat merancang ruang sesuai tema, melatih kerjasama, mengenal konsep luas-sempit, panjang- lebar, dan lain-lain.

Ruang lingkup perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus dan Kognitif, dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang diharapkan, seperti:
1. Mengenal macam bentuk segitiga, segi empat, dll
2. Menyusun perencanaan kegiatan yang dilakukan
3. Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna dan ukuran
4. Mengkoordinasikan mata, tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
5. Melatih anak mahir menggunakan kedua tangan kreatifitas dan perencanaan serta kemampuan memecahkan masalah

Leave a Reply