DEPOK – Dalam membentuk siswa yang cerdas sesuai dengan karakter SMART, TKIT Nurul Fikri mulai semester 2 menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek atau yang dikenal Project Based Learning (PjBL). Yaitu metode pembelajaran yang berbasis proyek/kegiatan sebagai sarana bagi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis.

PjBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi dan eksplorasi yang mendalam terhadap topik/ tema tertentu. Untuk tema bulan ini adalah “Depok Kotaku Berkah Karunia Allah SWT”.

Tujuannya agar siswa belajar tentang hal-hal yang ada di Depok. Seperti ikon kota Depok, Kesenian, tempat wisata, alat transportasi, Gedung-gedung yang ada di Depok, makanan khas Depok, RS yang ada di Depok, dll. Kemudian siswa mengeksplor dan membuat proyek berdasarkan informasi yang didapatkan dan ingin diketahuinya. Tidak berhenti sampai dengan mengekplor, kemudian siswa akan mempresentasikan hasil project yang dikerjakannya di depan teman-temannya.

“MasyaAllah… Barokallah ya nak, dari kecil sudah berani berlatih menyampaikan ide, bersama ayah bunda mengerjakan proyek. Luar biasa ya…. Bismillah, Kalianlah teman-teman kecil yang akan menjadi generasi-generasi terbaik, penerus peradaban negeri ini. Semoga Allah mudahkan perjalanan kalian, Aamiin Yaa Robbal’alamiin,” ucap Armeta Niasari, guru TKIT Nurul Fikri.

Leave a Reply