Quran

Jalan ke syurga

By May 17, 2013 No Comments

Ketika Nabi SAW menyebutkan tiga kali seseorang yang muncul dihadapan para sahabat bahwa dia adalah calon penghuni surga, lalu diikuti oleh Abdullah bin Amru ra, dan beliau tidak mendapati darinya perbuatan yang istimewa dari berbagai ketaatan namun hanya seperti layaknya kebanyakan manusia, dan beliau terheran akan hal tersebut, namun orang tersebut akhirnya berkata:

“Tidak ada yang istimewa seperti yang anda lihat, namun saya tidak mau terdapat dalam diri ini kebencian pada seorangpun dari umat Islam, tidak ada hasad (iri) kepada seorangpun atas kebaikan (rizki) yang Allah berikan kepadanya. Lalu Abdullah berkata: Inilah yang telah menempatkan dirimu padanya dan itu pula yang kami tidak sanggup melakukannya”. (Ahmad).

“Ketika Nabi SAW memberikan kabar gembira kepada Abdullah bin Salam bahwa beliau adalah calon penghuni surga, maka para sahabat berkata kepadanya: beritahukan kepada kami perbuatan yang menjadikan dirimu yakin berharap dengannya, maka beliau menjawab: saya adalah makhluk lemah, namun harapan saya yang paling kuat adalah kebersihan hati dan meninggalkan sesuatu yang tidak berguna”. (Ibnu Abi dunya dalam bab As-shumtu).

Penulis : Drs. Sulamul Munawaroh

Leave a Reply