SIT NURUL FIKRI

Ayo Berbahasa yang Baik dan Menulis!

By November 22, 2012 No Comments

Ali Murthado dan Rahmat Hidayat Nasution adalah penulis yang produktif dan inovatif dikalangan Sumatera Utara. Mereka yang berkancah di dunia Lembaga Baca Tulis Sumut (eLBeTe) telah menerbitkan berbagai jenis buku. Hal itu terjadi hampir setiap tahun dengan berbagai tema yang menarik perhatian pembaca. Ali dan Rahmat memiliki kepekaan terhadap apa yang dirasakan para pembaca, khususnya Mahasiswa. Dalam buku ini mereka seakan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam hati pembaca.

Misalnya tentang “Teknik Menulis Artikel”. Ali dan Rahmat membahas materi tersebut secara lengkap. Mereka memaparkan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknik penulisan artikel, mulai dari unsur artikel, menulis artikel, memilih tema, menentukan outline, membuat lead, membuat alinea bahkan mereka juga mencantumkan beberapa contoh artikel yang pernah dimuat di surat kabar. Selain itu kedua penulis juga menyajikan penyelesaian dari masalah-masalah klasik yang timbul dalam kegiatan tulis-menulis. Sebagai contoh mereka membahas tentang bagaiamana mengatasi kebuntuan saat menulis artikel. Ali dan Rahmat mengatakan “untuk mengatasi kebuntuan, ada banyak cara yang sering ditempuh para penulis. Antara lain menggunakan kata peralihan. Misalnya: Selain itu, karenanya, namun, begitupun, akan tetapi, di bagian lain, pada hari yang lain, di sisi lain dan sebagainya (hlm. 138).

Selain membahas materi yang sesuai dengan kurikulum Universitas, buku ini juga membicarakan tentang motivasi menulis. Ali dan Rahmat dengan begitu apiknya mengemas buku ini sebagai panduan dalam kurikulum Universitas dan juga sebagai buku motivasi yang tentunya tidak kalah hebat dibandingkan dengan buku motivasi lainnya. Ali dan Rahmat yang mempunyai latar belakang sebagai penulis sepertinya ingin mengajak para pembacanya agar aktif menulis seperti mereka. Dalam bukunya yang berjudul Lewat Tanya Jawab Anda Bisa Menulis Artikel, Ali mengatakan bahwa baginya menulis adalah dakwah.

Mengajak orang untuk berbuat baik, mencari uang dengan jalan yang halal, dan mengemukakan ide-ide yang boleh jadi idenya itu adalah mengajak orang untuk ber-amar ma’ruf nahy munkar (hlm. 6). Demikian juga halnya dengan Rahmat, yang mempunyai prinsip sama seperti Ali. Oleh sebab itu di dalam buku ini Ali dan Rahmat menyajikan pembahasan tentang “Ayo Menulis”. Inilah yang membedakan buku panduan Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Ali dan Rahmat dengan buku-buku panduan Bahasa Indonesia lainnya. Sehingga wajar apabila buku ini mendapat tempat dihati para pembacanya. Para konsumen yang menggunakan buku ini khususnya mahasiswa akan merasa puas terhadap kelengkapan materi dan pembahasan yang disajikan kedua penulis.

Kebanyakan pembahasan yang terdapat dalam buku ini, Ali dan Rahmat menggarapnya secara teoritis. Namun hal itu mereka seimbangkan dengan adanya cara mempraktikkan apa yang telah mereka kemukakan dalam teori-teori yang ada.

Bahasa yang digunakan umumnya mudah dipahami. Hanya saja, yang menjadi kelemahan diantaranya adalah masalah editing. Hal ini dapat dilihat dari adanya kata yang salah dalam pengetikan di beberapa halaman dan cover. Namun demikian hal tersebut bukan berarti menjadikan buku ini tidak mempunyai kelebihan. Berbagai pembahasan yang diperlukan untuk tingkat Perguruan Tinggi dibahas secara detail dalam buku ini. Sehingga saya merasa buku ini menarik untuk dibaca dan dijadikan sebagai pedoman dalam mata kuliah Bahasa Indonesia di tingkat Universitas.

Leave a Reply