TUGU – Sebanyak 175 buah penelitian terbaik yang ditampilkan oleh siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri dalam acara akbar Nurul Fikri Research Expo 2016 yang digelar pada Jumat-Sabtu, 22-23 April 2016.

Penelitian dibagi empat kelompok, yakin Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sosial, Agama dan Bahasa. Kelompok IPA mengungguli dari semua kelompok lain yakni sebanyak 125 penelitian dan disusul kelompok sosial sebanyak 40 penelitian. Sementara agama sejumlah delapan penelitian dan bahasa sebanyak dua penelitian.

Nurul Fikri Research Expo yang bertujuan untuk membentuk peneliti muda yang berinovasi sejak dini dan menuju sekolah yang berbudaya riset. “Wow keren banget, mendidik sekali buat anak-anak karena mereka belajar menganalisa, memecahkan masalah, ini merupakan salah satu pembelajaran mereka untuk bisa lebih berpikir secara struktur,” tutur salah satu pengunjung pameran, Ibu Reses.

Sebuah karya yang orisinilitas, tambahnya, merupakan hal yang penting. Tanpa bantuan siapapun terutama anak sekolah dasar. “Karena saat mereka membuat dan menulisnya bersama teman-temannya seperti penelitian itu dari mereka untuk mereka, pokonya seru,” ucapnya lagi.

Keseruan juga dirasakan oleh salah satu tim Sachi dan Mutia yang meneliti tentang Merapikan Sandal Pada Tempatnya. Sachi dan Mutia siswa kelas 2A mengatakan ada sedikit perubahan yang dirasakan oleh dia dan teman-teman kelasnya. “Serunya, bisa banyak pendapat dan anak-anak kelas 2 jadi rapi menaruh sepatu baik di rumah dan sekolah,” ucapnya sumringah.

Leave a Reply