SIT NURUL FIKRI

UKS SIT Nurul Fikri Lakukan Penyuluhan Kesehatan Tentang Hepatitis A ke Warga Sekolahnya

By December 3, 2019 No Comments

DEPOK – Mengantisipasi penularan Hepatitis A yangs edang mewabah wilayah Depok, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SIT Nurul Fikri mengadakan penyuluhan kesehatan tentang Hepatitis A untuk seluruh guru, karyawan dan orang tua siswa SIT Nurul Fikri di Masjid SIT Nurul Fikri, Selasa (3/12/2019).

Menghadirkan narasumber spesialis anak, dr. Yessy Yunuarti, Sp.A memberikan beberapa informasi seperti tentang hepatitis, penangannya dan juga pencegahannya. “Hepatitis adalah peradangan pada organ hati oleh virus Hepatitis A. terdapat sekitar 1,4 juta kasus baru infeksi hepatitis A per tahun,” terang dr. Yessy.

Virus Hepatitis A, lanjut dr. Yessy, menyebar secara fecal-oral. Mudah menyebar di lingkungan yang sanitasinya kurang baik, masa inkubasi 15-50 hari. “Gejalanya, demam, mual, muntah, tidak mau makan, netri perut, mata dan kulit kuning. Urin seperti teh pekat dan tinja berwarna putih dempul,” tambahnya.

Untuk pengobatan, kata dr. Yessy tidak ada terapi spesifik, tata laksanan suportif, asupan nutrisi yang cukup, dan hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan yang memperberat kerja hati. Gejala klinis tidak lebih dari satu bulan, sebagian besar sembuh total, namun ada kemungkinan kambuh kembali dalam beberapa bulan.

Bagaimana untuk pencegahannya? Seperti yang disampaikan oleh dalam acara tersebut ada dua, pertama pencegahan non spesifik seperti sanitasi lingkungan. Kebersihan tangan lebih utama, mencuci tangan dengan benar dan pengolahan makanan yang benar seperti pisahkan bahan makanan yang matang dan mentah, masak makanan hingga matang, simpan makanan pada suhu aman, gunakan air bersih.

Selain itu juga menjaga kebersihan tempat dan alat makan, tidak berbagi pakai alat-alat pribadi misal sendok, garfu, gelas, dll. Cukupi kebutuhan cairan, penuhi kebutuhan serat dan vitamin juga istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur. Kedua, pencegahan spesifik, yaitu imunisasi Hepatitis A.

Leave a Reply