SDSIT NURUL FIKRISMASMP

Tim Asesor Perpus RI Kunjungi Perpus Nurul Fikri

By February 24, 2020 No Comments

DEPOK – Tim Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melakukan visitasi ke perpustakaan SIT Nurul Fikri, Senin (24/2/2020). Asesor dari Perpusnas yang datang menilai Drs. Tisyo Haryono, MLS. dan Siti Juniarsih, S. Hum yang juga didampingi oleh tim Perpustakaan Umum Kota Depok.

Pejabat asesor LAP-N, Drs. Tisyo Haryono, MLS mengatakan perpustakaan diselenggarakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 sesuai standar yang ditentukan oleh Perpusnas RI. Untuk mengetahui apakah suatu perpustakaan itu sesuai dengan standar nasional perpustakaan, maka itulah ada penilaian kesesuaian dengan standar.

“Ini amanat UU bahwa penyelenggaraan perpustakaan itu harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan standar nasional. Koleksinya, tenaganya, layanannya, manajemennya, sarana prasarana semua harus diselenggarakan berbasis standar nasional perpustakaan,” tuturnya disela-sela memberikan sambutan.

Direktur Pendidikan SIT Nurul Fikri, Joko Prayitno, mengatakan menyediakan akses bagi siswanya untuk menambah ilmu pengetahuan yang mereka miliki. “Jadi sejak awal pendiriannya, Insya Allah perpustakaan sekolah itu menjadi salah satu unsur yang penting kami perhatikan. Kami menyadari bahwa membaca bagi kami itu juga sebuah amanah agama bahkan ayat yang pertama kali turun di dalam Al Quran justru bukan perintah untuk salat ternyata tetapi justru perintah untuk membaca,” ucap Joko.

Perpustakaan sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat, perpustakaan sering dianggap jantungnya pendidikan, kita tahu bahwa buku adalah gudang ilmu, membaca buku jendela dunia. Visitasi ini berlangsung dengan beberapa tahapan, seperti kunjungan sarana prasarana juga verifikasi data.

Verifikasi data terdiri dari enam komponen yaitu Koleksi, Sarana Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggara dan Pengelolaan, serta Komponen Penguatan Kinerja, dari komponen-komponen itu dijabarkan lagi menjadi instrumen-instrumen. Dan tidak kalah penting dalam hal penguatan kinerja termasuk pemanfaatan IT.

Akreditasi merupakan pengakuan formal, diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. Tujuan akreditasi secara umum yaitu memberikan penilaian yang objektif, transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Leave a Reply