DEPOK – Memberikan pembelajaran online yang lebih variatif, interaktif, atraktif, dan efektif, TKIT Nurul Fikri menggunakan aplikasi pembelajaran online flipgrid untuk materi Reading Culture untuk para siswa kelas TK A dan B dengan menggunakan aplikasi zoom, Selasa (26/1/2021).

Tak bisa dipungkiri, perubahan cara belajar mengajar dari tatap muka menjadi online akan membuat sebagian siswa merasa bosan belajar di rumah. Untuk mengantisipasi, menurut Armeta, salah satu guru TKIT Nurul Fikri mengatakan, TKIT Nurul mencoba menggunakan aplikasi flipgrid.

Meta mengatakan hal ini bertujuan untuk memotivasi para siswa dalam hal belajar secara online. “Alhamdulillah Ananda TK A dan B sudah mencoba new tool flipgrid pada topik Reading Culture. Ananda juga dapat melihat video temannya sebagai motivasi belajar dan mengomentarinya sebagai interaksi sosial,” kata Armeta.

Flipgrid adalah salah satu aplikasi yang bisa diterapkan dalam pembelajaran online. Microsoft mengakuisisi Flipgrid, ini merupakan layanan video khusus pendidikan. Selain itu, SIT Nurul Fikri juga menggunakan aplikasi pembelajaran lain seperti Pear Deck, Padlet, dan Edpuzzle.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi tersebut maka frekuensi penggunaan oleh para guru distandarkan, yaitu aplikasi Flipgrid digunakan minimal satu kali per semester sedangkan Pear Deck, Padlet, dan Edpuzzle dipakai dua kali per semester.

Hal serupa juga dilakukan oleh SDIT Nurul Fikri. Reading Time untuk kelas 6 juga menggunakan aplikasi flipgrid. Menurut Trio, Humas SDIT Nurul Fikri, para siswa disosialisasikan dengan cara Room to Read via flipgrid video dan GCR. “Variasi buku, tema, bahas bermacam-macam, semoga anak-anak lebih semangat dan tercerahkan untuk membaca lebih banyak,” kata Trio.

Leave a Reply