SIT NURUL FIKRITK

Serunya Bermain di Taman Lalu Lintas TKIT Nurul Fikri

By March 6, 2019 No Comments

DEPOK – Awal tahun 2019, TK Islam Terpadu (TKIT) Nurul Fikri membuka area bermain baru untuk siswa di sekolah. Area bermain yang dimaksud adalah taman lalu lintas. Sebagaimana fungsi taman, ini merupakan tempat bermain, stimulasi motorik siswa dan dijadikan area latihan membaca rambu-rambu lalu lintas dalam sebuah taman sehingga siswa dapat mempelajari aturan jalan dan juga berkendara dengan benar.

“Dalam taman ini, anak-anak bermain dengan bimbingan dan pendampingan guru, disediakan berbagai kendaraan, diantaranya sepeda roda 2, sepeda roda 3, otoped, motor listrik, mobil listrik yang dapat dikendarai siswa serta dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas sebagai  aturan dalam bermain di taman tersebut,” terang Muji Rahayu, Kepala Sekolah, Selasa (5/3).

Salah satu tujuan dari taman lalu lintas adalah untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas di kalangan anak-anak usia dini di TKIT Nurul Fikri. Di taman lalu lintas memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan pengalaman berkendara di perjalanan, saat di persimpangan jalan, saat ada orang yang menyebrang jalan, ataupun sesama pengendara lainnya  dengan berbagai kendaraan yang ada  siswa dilatih memperhatikan keselamatan semua pengguna jalan dalam lingkungan yang sangat terkendali tanpa kendaraan bermotor yang sebenarnya .

Selain itu, siswa dapat berlatih keseimbangan, mengembangkan kemampuan motorik kasarnya saat di jalan raya, melatih sosial emosi dan juga kemandirian dalam berkendaraan serta kepatuhan terhadap aturan publik.

“Kesadaran ini diperkenalkan dari usia dini dengan cara bermain. Diharapkan dari adanya fasilitas ini kesadaran keselamatan dapat ditingkatkan, tumbuh sikap  peduli dan kepatuhan akan tata tertib aturan di jalan raya  dan terus terbawa sampai mereka dewasa,” tutup Muji.

Leave a Reply