ParentingSIT NURUL FIKRISMA

Seminar Parenting, “Menumbuhkan dan Membersamai Resiliensi Buah Hati Menggapai Prestasi”

By November 28, 2019 No Comments

DEPOK – Menindaklanjuti dari kegiatan workshop resiliensi untuk siswa bulan lalu (Oktober-red), SMA Islam terpadu (SMAIT) Nurul Fikri akan menggelar seminar parenting untuk orang tua siswa kelas XI dan X yang akan dilaksanakan Sabtu (30/11/2019) di Masjid Ulun Nuha, SMAIT Nurul Fikri.

“Ini bagian dari menindaklanjuti hasil workshop tersebut supaya ada kesamaan dalam meningkatkan resiliensi anak yang tentunya berhubungan dengan pola asuh orang tua,” ucap guru BK SMAIT Nurul Fikri kelas XI, Lulu Rahmawati.

Resiliensi, lanjut Lulu, adalah kemampuan individu untuk menanggulangi stres, bertahan atau memulihkan diri dari tantangan yang mengancam stabilitas atau perkembangan hidup nya. Tema resiliensi diambil karena melihat kurang tangguhnya anak dalam menghadapi persoalan dalam dirinya.

“Beberapa anak cenderung melakukan tindakan untuk memecahkan permasalahan dengan cara yang kurang tepat seperti tidak masuk sekolah tanpa alasan, self harm, merokok, miras dll. Sehingga cara pemilihan penyelesaian masalah tersebut justru menambah masalah baru,” jelas Lulu.

Mengambil tema Menumbuhkan dan Membersamai Resiliensi Buah Hati Menggapai Prestasi bertujuan untuk membantu siswa agar lebih mandiri ketika harus berpisah dengan orang tua karena harus menyelesaikan pendidikan atau kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri. Seminar ini akan membantu orangtua dalam meningkatkan resiliensi pada anak.

“Jika resiliensi anak sudah meningkat biasanya akan lebih terampil dalam menyelesaikan masalah sehingga prestasi belajar siswa pun bisa terlihat. Karena biasanya selama ini prestasi belajar siswa terhambat karena permasalahan dari siswa yang bersangkutan yang tak kunjung selesai,” lanjutnya.

Narasumber yang hadir di seminar parenting tersebut ialah Aris Ahmad Jaya, juga mengisi seminar untuk kelas X. Hal yang sama pun juga disampaikan oleh guru BK SMAIT Nurul Fikri kelas X, Bapak Ari, kegiatan ini bertujuan untuk edukasi orang tua dan wali siswa untuk meningkatkan kemampuan membangun dialog efektif kepada remaja.

Sesi pertama untuk kelas XI dan sesi kedua untuk kelas X dengan tema Membangun Dialog yang Efektif bagi Remaja. Acara dimulai dengan perkenalan dengan Psikolog dari lembaga LP2K (Layanan Psikologi Penjurusan dan Karir) dilanjutkan pemaparan hasil psikotes secara klasikal dan sesi tanya jawab.

Leave a Reply