Skip to main content

DEPOK – Pelepasan Kontingen Indonesia Sako Pramuka SIT untuk Perkemahan Internasional (Print) V di Gedung Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, 16 Desember 2023 yang dihadiri oleh 541 peserta. Kegiatan yang digelar secara hybrid berjalan dengan baik dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Bachtiar.

Pada pelepasan tersebut, Bachtiar memberi nasihat kepada Kontingen agar kembali mengingat tujuan dasar dari sebuah perkemahan, yaitu untuk menambah wawasan tentang kebudayaan dan sarana menambah serta memperkuat tali silaturahmi antar peserta kemah, hal tersebut sejalan dengan slogan, “Pramuka adalah saudara bagi Pramuka yang lain.”

“Tujuan dasar dari sebuah perkemahan, yaitu untuk menambah wawasan tentang kebudayaan dan sarana menambah serta memperkuat tali silaturahmi,” kata Bachtiar saat Pelepasan Kontingen Indonesia Sako Pramuka SIT untuk Perkemahan Internasional (Print) V di Gedung Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2023).

Beliau juga menyebutkan dalam nasihatnya, agar Kontigen dapat menjaga etika dan tata krama pergaulan dengan sesama saat berkemah, serta berupaya memainkan peran sebagai duta. Sebanyak 13 peserta anggota pramuka dari Kontingen SIT Nurul Fikri siap mengikuti PRINT V yang dilaksanakan pada 21-29 Desember 2023 di Bumi Perkemahan Selangor, Malaysia.

Pemberangkatan peserta Perkemahan Internasional (PRINT V) dari kontingen Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri Gudep 04.103 – 04.104, yang terdiri dari enam peserta penegak SMAIT Nurul Fikri dan 7 peserta penggalang SMPIT Nurul Fikri.

Dalam kegiatan PRINT 2023 di Malaysia, para peserta kontingen SIT Nurul Fikri akan terlibat dalam aktivitas perkemahan, city tour, dan show pertunjukan budaya. Karena itu, menjelang pemberangkatan, sudah dilakukan TC (training centre), baik dari pembina SIT NF, maupun dari pembina JSIT dan kwartir nasional.

Leave a Reply