SIT NURUL FIKRI

Nurul Fikri Leadership Teladani Kepemimpinan Para Nabi

By February 9, 2019 No Comments

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Sudah semestinya umat Islam meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Tak terkecuali dalam menjalankan tugas kepemimpinannya.

Hal itulah yang mendasari Nurul Fikri Education Center (NFEC) mengangkat tajuk “Prophetic Leadership” pada NF Leadership Forum 2019. Kegiatan itu diadakan di Rumah Peduli NF, Jalan Bhakti nomor 55, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/2).

NF Leadership Forum 2019 kali ini sekaligus menggenapi 10 tahun diselenggarakannya Leadership Forum yang sebelumnya diadakan oleh SIT Nurul Fikri. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan sekolah Islam dari berbagai daerah di Indonesia sebagai ajang berkumpul dan bertukar pikiran, serta berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Peserta yang hadir datang dari Aceh, Pekanbaru, Batam, Mataram, Bogor, dan Depok. Leadership Forum kali ini juga merupakan salah satu rangkaian acara yang mendahului kegiatan “Sertifikasi Supervisor Pembelajaran” yang digelar oleh NFEC, 8-13 Februari 2019.

Kegiatan NF Leadership Forum 2019 dibuka dengan sambutan Direktur NFEC, Rahmat S Syehani dan Ketua Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat NF, Ustaz Fahmy Alaydroes. Dalam sambutannya, Ust. Fahmy Alaydroes menekankan bahwa, “Pemimpin harus menginspirasi orang lain, inovatif, kreatif dapat beradaptasi dengan situasi yang ada,” kata Fahmy Alyadroes dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (8/2).

Ia juga menekankan pada kepemimpinan berpijak pada Rasulullah. “Allah mengutus Rasulullah untuk mengembangkan Pendidikan dan menjadikan ayat Allah di manapun berada,” ujarnya.

NF Leadership Forum 2019 mengundang nara sumber Bachtiar Firdaus. Ia secara detil menjelaskan tentang kepemimpinan profetik, yaitu meneladani kepemimpinan yang dilakukan oleh para nabi.

Pada sesi kedua, Sapto Waluyo menjabarkan tentang “Menanamkan Nilai Kepemimpinan dan Mengendalikan Ambisi Kekuasaan”. “Dalam menjalankan kepemimpinannya, para nabi melakukan tiga misi, yaitu: misi humanisasi (memanusiakan manusia), liberasi (memerdekan manusia), dan transendensi (melangitkan manusia). Sebagai pemimpin kita harus bisa menjalankan hal tersebut,” Jelas Bachtiar Firdaus.

Nurul Fikri Education Center (NFEC) sebagai penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta NF Leadership Forum 2019 yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Semoga dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan komitmennya untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia” kata Rahmat S Syehani.

Sumber: https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/19/02/09/pmnodk374-nurul-fikri-leadership-teladani-kepemimpinan-para-nabi

Leave a Reply