DEPOK – Banyak keistimewaan ibadah yang tertuang di hari Jumat. Hari Jumat sebagai hari agung umat Islam perlu diresapi maknanya dan juga ibadahnya, salah satunya adalah dengan membaca Surah Al-Kahfi.

Salah satu penanaman karakter SMART dalam dimensi Sholeh yakni kegiatan Al-Kahfi Time. Seluruh siswa SMPIT Nurul Fikri mengikuti kegiatan ini yang dilakukan 30 menit sebelum pembelajaran dimulai.

Siswa bersama-sama membaca surat Al-Kahfi minimal 10 ayat pertama & 10 ayat terakhir dan didampingi para wali kelas (walas). Menurut Lisda Aeni Hulya, kegiatan ini untuk membiasakan para siswa membaca surat Al-Kahfi.

“Untuk membiasakan warga sekolah (khususnya siswa) membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at, karena merupakan sunnah, secara daring di kelas masing-masing,” kata Lisda.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruquthni dan Imam Baihaqi, “Man qara-a suratal-kahfi fil-yaumil-jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal-jum’ataini,”. Yang artinya, “Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat”.

Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Al Kahfi memiliki arti penghuni-penghuni gua. Berikut beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at:
1. Dipancarkan cahaya pada dirinya di hari kiamat
Diriwayatkan dalam hadits Sunan Ad-Darimi dari Abu Sa’id al-Khudri ra dari Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.”

2. Diampuni doasanya antara dua Jum’at
Dalam hadits riwayat Al Hakim dari Abu Sa’id al-Khudri ra, “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.”

3. Terhindar dari fitnah dajjal
Terdapat rahasia besar saat seseorang menghafal ayat 1-10 Surat Al-Kahfi. Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).

4. Pengingat hari kiamat
Keutamaan surat Al-Kahfi juga jadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi:

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

Untuk mendapatkan semua keutamaan dari surat Al-Kahfi ini, yuk jangan lupa kita membaca surat Al-Kahfi terutama di hari Jum’at.

Leave a Reply