CINANGNENG – Bermain sambil belajar, inilah yang dilakukan para siswa kelas 1 dari SDIT Nurul Fikri dalam mengenal budaya Jawa Barat. Acara yang dibalut dalam bentuk fieldtrip disambut antusias para siswa ini. Mereka belajar tentang budaya Jawa Barat melalui permainan yang dikemas seru dan menyenangkan.

Bertempat di Cinangneng, mereka belajar tentang berbagai alat musik asal Jawa Barat seperti bermain angklung, bermain gamelan, menari jaipong. Tak hanya itu, mereka juga diajak berkegiatan melukis diatas caping, membuat kue kembang goyang serta berfoto menggunakan pakaian adat Jawa Barat, Senin (13/5/2024).

Keseruan lainnya ialah mereka diajak memandikan kerbau serta bagaimana menanam padi dengan baik dan benar. Menurut Siska Timarawati, ketua acara fieldtrip mengatakan bahwa kunjungan edukasi ini untuk memberikan atau memperkuat pemahaman mereka tentang materi Bahasa Sunda dan Budaya Jawa Barat.

“Diharapkan siswa memiliki pengalaman belajar lebih bermakna terkait budaya Jawa Barat dan mencapai tujuan yang tertuang pada kompetensi dasar maupun kompetensi SMART dan memperkuat pemahaman siswa tentang materi bahasa Sunda dan Budaya Jawa Barat,” katanya.