SIT NURUL FIKRISMP

Kelas VIII Ikut Research Day

By September 10, 2018 No Comments

TUGU – Dunia pendidikan selalu lekat dengan riset atau penelitian. Dengan meneliti kita dapat mengetahui sebuah permasalahan. Untuk menyiapkan generasi yang berkompeten, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar kegiatan Research Day selama dua hari, 6-7 September 2018.

Research atau riset merupakan kegiatan yang ditujukan untuk siswa kelas VIII ini dilakukan di gedung SMPIT Nurul Fikri, Jalan Tugu Raya, Cimanggis, Depok bertujuan untuk membentuk budaya riset dalam diri setiap siswa agar terbiasa melakukan riset. Upaya mengembalikan kejayaan dunia Islam dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan ini diantaranya memberikan pembekalan tentang tahapan riset serta cara membuat karya tulis ilmiah dari hasil riset tersebut. Manfaat dari researchnya sendiri memberikan pengetahuan yang cukup kepada siswa terutama kelas 8 tentang seluk-beluknya riset.

“Kesan saya terhadap research day adalah cara pembuatannya sulit karena nggak seperti kelas 6 tapi ini menjurus seperti kelas 10, walau begitu saya senang terhadap research day,” kata Najwa, siswa kelas 8C.

Hari pertama, siswa diberi pelatihan tentang riset. Dalam satu kelas diberi satu pembimbing, siswa dikelompokkan masing-masing kelompok berjumlah tiga siswa atau dua siswa. Sementara di hari kedua siswa diminta untuk mengobservasi, berkeliling sekolah untuk mencari informasi tentang tema yang ditentukan dari riset tersebut.

Research day yang kali ini berbeda dari sebelumnya, kali ini harus menghasil kan sebuah karya tulis ilmiah. Sedangkan sebelumnya, hasil riset masih berupa power point saja, maka siswa perlu tahu cara menuliskannya.

Reporter: Safira Widati Azzahra, kelas 8
Editor: Irma Siregar

Leave a Reply