kecil

Berawal di Masjid Arif Rahman Hakim (ARH) Salemba yang merupakan pusat pertemuan aktivis kampus Universitas Indonesia Jakarta. Sekitar tahun 1980-an mahasiswa yang aktif di masjid ini memikirkan nasib masa depan bangsa dalam bidang pendidikan, yang masih jauh dari jangkauan akademis. Beberapa mahasiswa fakultas MIPA, Psikologi, dan fakultas lainnya bergabung untuk membantu mencerdaskan bangsa melalui pembinaan kepada adik kelas mereka yang masih duduk di SMA. Tahun 1981 – 1984 mereka melakukan pembinaan dalam bentuk menelaah dan melakukan pendalaman mata pelajaran dan Bimbingan Penyuluhan dari masjid ke masjid kepada para siswa kelas 3 di berbagai jurusan. Alhamdulillah, Sembilan puluh persen peserta yang sebagian besar pengurus Rohis di sekolah masing-masing diterima di perguruan tinggi negeri.Tahun 1985 mereka meresmikan berdirinya Bimbingan Belajar Nurul Fikri (Bimbel NF) di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri. Tahun 1992 para pendiri Yayasan Nurul Fikri ingin melanjutkan kiprah mereka dalam pendidikan formal berupa upaya pendirian sekolah alternatif yang mengimplementasikan nilai-nilai Islam. Dibentuklah Kelompok Kerja (pokja) untuk pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri. Sekitar setahun pokja melaksanakan tugasnya, akhirnya pada pertengahan Juli 1993 diresmikanlah SDIT Nurul Fikri yang berdomisli di Jalan Situ Indah No. 116, Tugu, Cimanggis, Depok. Bersamaan dengan pendirian SDIT Nurul Fikri, Yayasan mendirikan Taman Al-Qur’an Nurul Fikri. Inilah awal berdirinya SDIT Nurul Fikri dengan membuka pendaftaran dari kelas 1 sampai dengan kelas IV.Kiprah Yayasan berlanjutkan pada Juli 1996 dengan membuka SLTP Islam Terpadu Nurul Fikri. Pembukaan SLTPIT Nurul Fikri ini merupakan bentuk integrasi kelanjutan studi pada jenjang yang lebih tinggi. Selanjutnya, Juli 1999 berdirilah SMU Islam Terpadu Nurul Fikri. Bersamaan dengan SMUIT Nurul Fikri ini, dibuka pula SLTP Islam Terpadu Nurul Fikri Boarding School di Serang Banten (Anyer).Januari 2001 dilakukan perubahan akta Yayasan Nurul Fikri. Yayasan Nurul Fikri menjadi Yayasan yang mengelola pendidikan formal di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok yakni unit TQ, SDIT, SLTPIT, SMUIT dan unit pendukungnya. Sementara untuk mengelola SLTPIT Nurul Fikri Boarding School dibentuklah Yayasan Pesantren Nurul Fikri.

Pada Maret 2002 kembali dilakukan perubahan akte Yayasan Nurul Fikri (kaitan dengan adanya perubahan pengurus yayasan). Yayasan pun berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Nurul Fikri. Setelah perkembangan empat level sekolah tadi, Yayasan Pendidikan Nurul Fikri juga mendirikan jenjang sarjana yaitu Pendidikan Guru Taman Kanak¬iak Islam (PGTKI) Nurul Fikri pada 24 Juni 2002 hingga sekarang.

Visi

Menjadi lembaga Pendidikan Rujukan dalam pembinaan generasi.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang mengacu kepada nilai-nilai Islam dalam filosofi, ideologi, dan aplikasi.
  • Menerapkan kebijakan mutu yang mengacu kepada Sistem Manajemen Mutu Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri.
  • Membentuk generasi yang memiliki aqidah yang kuat, berkarakter, cerdas dan kreatif, santun dan berbudi luhur, sehat, kuat, berpengetahuan, disiplin, peduli, dan terampil melalui proses pendidikan terpadu, seimbang dan berkelanjutan.
  • Menyelenggarakan pendidikan prasekolah yang mampu memberikan stimulasi efektif bagi perkembangan aspek emosi, kognitif, moral, fisik, dan sosial peserta didik agar dapat mencapai perkembangan secara optimal.
  • Menyelenggarakan pendidikan dasar Islam yang mampu membentuk karakter peserta didik sehingga memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku sesuai dengan tuntutan asas-asas pendidikan anak dalam Islam.
  • Menyelenggarakan pendidikan menengah Islam yang mampu memberikan bekalan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mengantarkan peserta didik untuk menjadi kader-kader dakwah dan siap memasuki gerbang pendidikan selanjutnya.
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang melahirkan tenaga pendidik profesional.
  • Menyelenggarakan kegiatan dakwah berbasis pendidikan.

Tujuan Pendidikan

  • Meyakini Allah Swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap, dan perilaku bid’ah, khurafat dan syirik.
  • Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum, tilawah al Qur’an, dzikr dan do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah.
  • Menampilkan perilaku yang santun, tertib, disiplin, sabar, gigih, dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.
  • Mandiri dalam memenuhi keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkahnya.
  • Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis, dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai kompetensi akademik dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.
  • Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang berguna untuk dirinya dan orang lain.
  • Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungannya yang ditunjukkan dengan semangat dan disiplin belajar yang baik.
  • Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban; berani dalam mengambil risiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah.
  • Selalu memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat dan mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.
  • Peduli kepada sesama dan lingkungan serta memiliki kepekaan untuk membantu orang lain.

Mengapa Fulldays School

  • Adanya integrasi atau keterpaduan pendidikan yang seimbang antara pendidikan islam dengan pendidikan umum.
  • Mengurangi pengaruh negatif dari lingkungan luar sekolah karena waktu pendidikan di skeolah yang lebih lama.
  • Alternatif solusi yang baik bagi orang tua murid yang keduanya bekerja.

Pengurus Yayasan Pendidikan Nurul Fikri

Pembina

Drs. Suharna Surapratana, M.Si

Drs. Musholi

Dr. Moh. Sohibul Imam

Ketua Pengurus Yayasan

Dr. H. Fahmy Alaydroes, M.M., M.Ed

Sekretaris

Dr. H. Santoso Soekirno

Bendahara

Teguh Waskito, S.E

Pengawas

Rahmat Saripudin, M.Pd

Kepala Bidang Sekretariat

Drs. Sulamul Munawaroh

Kepala Bidang APPG

Fahmi Zulkarnain, S.Pd

Kepala Bidang Keuangan

Deni, M.Sc

Kepala Bidang TIK

Saripudin Juhri, S.Kom

Kepala Bidang Rumah Tangga

Ir. Mohammad Agus Kurniawan, M.Re

Kepala Sekolah TKIT NF

Ros Gestasia, S.Pd

Kepala Sekolah SDIT NF

Ahmad Sukarya, S.Pd

Kepala Sekolah SMPIT NF

Helmi Wahyudin, S.Pd

Kepala Sekolah SMAIT NF

Joko Prayitno S.Si

Kebijakan Mutu SIT NF

  1. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri adalah lembaga pendidikan yang bertumpu pada konsep dan penerapan Pendidikan Islam Terpadu.
  2. SIT Nurul Fikri mengembangkan dan melaksanakan kurikulum yang berorientasi pada pembentukan karakter dan pencapaian standar kompetensi siswa.
  3. SIT Nurul Fikri mengembangkan proses pembelajaran berdimensi pengetahuan, konsep, sikap, keterampilan, dan tindakan yang berorientasi kepada siswa.
  4. SIT Nurul Fikri mengembangkan Pusat Sumber Belajar yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran dan pembentukan budaya belajar .
  5. SIT Nurul Fikri mengembangkan kepemimpinan siswa menuju pembentukan generasi ulul albab .
  6. SIT Nurul Fikri melaksanakan pendidikan untuk meletakkan dasar-dasar bagi pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) meliputi pengembangan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian islami dan keterampilan hidup mandiri untuk menjalankan peran dan fungsinya sebagai ulul albab.
  7. SIT Nurul Fikri mengembangkan mekanisme, prosedur, dan instrumen yang efektif untuk menilai hasil belajar siswa.
  8. SIT Nurul Fikri menjamin bahwa semua personil yang terlibat dalam proses pendidikan memiliki kepribadian islami dan memenuhi standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  9. SIT Nurul Fikri mengembangkan sarana dan prasarana yang lengkap, Aman, Sehat, Resik dan Indah (ASRI).
  10. SIT Nurul Fikri mengembangkan, melaksanakan, dan memelihara Sistem Manajemen yang sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu SIT NF.
  11. SIT Nurul Fikri mengembangkan Sistem Informasi Terpadu yang terkomputerisasi (Computerized Integrated Information System).
  12. SIT Nurul Fikri mengembangkan pembiayaan sekolah yang efisien, efektif, dan akuntabel.
  13. SIT Nurul Fikri membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran.
  14. SIT Nurul Fikri melaksanakan proses penjaminan mutu dalam rangka peningkatan mutu secara berkesinambungan.
SIT Nurul Fikri secara terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikannya. Saat ini SIT NF sedang dan akan bekerja sama dengan berbagai pihak, antara lain dengan:



Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri

Lembaga Pendidikan Komputer Nurul Fikri

Klinik Nurul Fikri

Indosat



Bulan Sabit Merah Indonesia

Bank Syariah Mandiri

Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia

Nurul Fikri English Course



Jaringan Sekolah Islam Internasional (ICEE)

Kementerian Pendidikan Nasional

Dinas Pendidikan Kota Depok

Walikota Depok



Dinas Pemuda, Olahraga, dan Kepariwisataan

Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kota Depok