SIT NURUL FIKRISMA

Siswa SMAIT Nurul Fikri Belajar Hidup Lewat Homestay

By April 27, 2015 No Comments

BOGOR – Untuk melahirkan generasi yang bermanfaat dan berakhlak islami, Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri menerapkan program Homestay bertemakan “Loving, Caring, Sharing” pada 23-25 April 2015 di Kp. Dukuh & Kp. Cileteuh, Desa Ciderum, Kec Caringin Bogor.

Kegiatan ini ditujukan untuk kelas XI dengan bentuk kegiatan para siswa tinggal dan bermalam di rumah penduduk. Siswa berbaur dengan penduduk setempat dengan menjalankan program yang telah direncanakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar.

“Program ini bertujuan membangun pemahaman siswa bahwa keberadaan mereka haruslah bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Ketua Panitia, Putut Sujadi R, Senin (27/4/2015).

Tujuan lain adalah melatih kemandirian, memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi dalam merespon kebutuhan masyarakat, memanfaatkan segenap potensi yang dimiliki,  dan memberikan pemahaman kepada siswa untuk mencintai alam.

Adapun bidang-bidang pemberdayaan masyarakat, yaitu:

1. Divisi Pendidikan dan Kesehatan

Untuk PAUD: mendongeng, pemutaran film islami, dan melengkapi sarana pendidikan di PAUD. Untuk setingkat MTs seperti penyuluhan pemilahan sampah dan praktik sains terapan roket air. Untuk MI berupa penyuluhan kesehatan tangan, penyuluhan kebersihan mulut. Selain itu ada pula lomba mewarnai gambar untuk anak pra sekolah, melengkapi sarana kebersihan di MI dan MTs serta menambah bahan pustaka di PAUD, MI dan MTs.

2. Divisi Pemuda dan Olahraga

Para siswa-siswi SMAIT Nurul Fikri memberikan sumbangan sepeda layak pakai, mengadakan lomba Volley untuk tingkat MTs, melengkapi sarana olahraga di MI dan MTs seperti bola kaki, bola volley dan net, dan raket. Mereka juga mengadakan outdoor games untuk peserta homestay.

3. Divisi Ekonomi

Perlombaan memasak leupeut, memasak dengan bahan dasar ikan, penyuluhan pembuatan minyak dari bahan dasar nanas, dan kegiatan beternakan sapi dan home industri yogurt, kegiatan pertanian di sawah, home industri sandal.

4. Divisi Sosial

Seperti bazar pakaian dan mainan anak, melakukan kerja bakti membersihkan dan melengkapi sarana Kobong (tempat menghafal Al Qur’an), dan pembagian paket sembako kepada masyrakat yang membutuhkan.

Leave a Reply