SIT NURUL FIKRI

SIT Nurul Fikri Pakai 3 Aplikasi Untuk Belajar Online

By March 19, 2020 No Comments

DEPOK – Ditengah wabah virus corona atau Covid-19 yang membuat kegiatan komunikasi, bekerja dan belajar harus dilakukan dari jarak jauh, SIT Nurul Fikri menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan tiga aplikasi yaitu, Google Class Room, NF Juara, dan Zoom.

Menurut Kepala Departemen Kurikulum dan Pembelajaran SIT Nurul Fikri, Haryono, menyikapi beredarnya prosedur tetap atau protap yang dikeluarkan oleh SIT Nurul Fikri tentang penerapan proses pembelajaran jarak jauh yang diberlakukan untuk seluruh siswa-siswi sebagai upaya untuk menangkal dan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Pembelajaran jarak jauh yang akan kami gunakan adalah Google Class Room kemudian NF Juara dan juga Zoom,” terang Haryono.

Untuk Google Class Room, para siswa akan mendapatkan jadwal pembelajaran dari guru masing-masing atau oleh lembaga sekolah seperti TK, SD, SMP, dan SMA Islam Terpadu Nurul Fikri. Sementara untuk penggunaan NF Juara bisa diunduh melaluiĀ playstore. Aplikasi ini hanya untuk kelas akhir seperti kelas 6, 9, dan 12. Dalam aplikasi ini siswa akan mendapatkan soal untuk try out dan sbmptn.

“Pembelajaran Zoom itu digunakan untuk siswa-siswi kita di dalam pengajaran tahfidz (hafalan Quran) atau untuk juga mengecek kira-kira siswa ini ada di rumah atau belajar di rumah atau tidak,” lanjut Haryono.

Demi kelancaran proses pembelajaran jarak jauh, diharapkan para orang tua siswa mempersiapkan ketiga aplikasi tersebut dan juga internet.

“Insya Allah nanti dari pihak Departemen Kurikulum dan Pembelajaran akan memberikan panduan kepada orang tua untuk proses pembelajaran jarak jauh ini,” tuturnya.

Ia pun menghimbau kepada para orang tua untuk bantu memantau putra-putrinya selama mengikuti pembelajaran jarak jauh mengingat bahwa ini bukanlah liburan semester tetapi pembelajaran jarak jauh untuk menangkal penyebaran virus corona.

Leave a Reply