Quran

Hari Apa yang Paling Bahagia yang Kau Rasakan?

By February 15, 2013 No Comments

Saudaraku… Kalau kita ditanya oleh seseorang, “Hari apakah yang paling bahagia yang engkau rasakan, paling indah engkau rasakan, paling tentram engkau rasakan?” Mungkin jawaban kita akan beragam atau mungkin juga sama tetapi itu sangat tergantung kepada mindset kita terhadap kehidupan ini.

Sesungguhnya kita semua dalam posisi mencari, menggapai, menuju dan mengupayakan kepada sesuatu yang kita anggap menjadi sumber ketenangan, pengharapan, dan kebahagiaan. Allah SWT berfirman, “Wahai manusia! Kamukah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji.” (QS. 35 : 15).

Ketika hari ini kita bekerja, sedang apakah kita? Bahagiakah kita? tentramkah kita? Sesungguhnya Allah sudah berpesan, “Janganlah kamu menemui kematian kecuali dalam keadaan berserah diri kepada-Nya (muslim).” Dimanapun kita berada dan kapanpun kesemuanya adalah jembatan menuju kebahagiaan, dan kebahagiaan tidak bisa diukur oleh fisik tetapi dia hanya bisa diukur oleh ketentraman jiwa. Allah SWT berfirman, “Ketahuilah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (QS. 13 : 28). “Yakni mereka yang mengingat Allah diwaktu berdiri duduk dan berbaring.” (QS. 3 : 191).

Jadi, kalau kita ditanya hari apakah yang paling berbahagia? Maka jawabannya adalah hari dimana kita senantiasa bersih hati kita dari dengki, iri, maksiat atau kotoran dosa lainnya. Hari dimana kita merasa tentram bersama Allah dalam menjalankan amanah yang diberikan-Nya kepada kita sebagai apapun kita yang nantinya kita akan pertanggung jawabkan di hadapan Allah yang Maha Agung.

Penulis : Drs. Sulamul Munawaroh

Leave a Reply