Parenting

Tiga yang Harus Diterima Setiap Anak

By September 28, 2018 No Comments

Ada tiga hal yang harus ditanamkan kepada setiap anak agar mereka menjadi orang yang salih dan taat sesuai dengan perintah Allah dan rasul-Nya.

Menanamkan iman
Menanamkan kepada diri anak sejak berada dalam kandungan hingga akil balig (dewasa) rasa percaya dan yakin kepada Allah dan rasul-Nya dengan seluruh ketentuan, perintah dan larangan, serta hukum-hukum-Nya. Sederhananya, hal ini lebih dikenal dengan akidah dan tauhid.

Oleh karena itu, setiap anak harus diperkenalkan, dipahamkan, dan dijelaskan bahwa Allah adalah pencipta, pengatur segala urusan, tuhan yang harus disembah, dan tujuan akhir untuk mendapatkan ridha. Menanamkan ketuhanan kepada anak tidak hanya dengan cara menjelaskan, tetapi juga dengan memperkenalkan kepadanya ibadah mahdah, seperti shalat wajib atau sunah, puasa, dan tilawah Al-Qur`an, memberikan teladan agar mereka bisa dan biasa menunaikannya, sehingga dengan ibadah ini lahir ketundukan kepada Allah SWT.

Hukum halal dan haram yang menjadi tuntunan dari Allah SWT
Allah telah memberikan petunjuk untuk mengatur kehidupan manusia sejak lahir hingga meninggal, kehidupan domestik hingga internasional, agar setiap hamba (apa pun profesinya) bahagia dalam mengarungi kehidupan dunia dan akhirat. Perkara halal dan haram ini lebih dikenal secara sederhana dengan fikih, baik fikih ibadah maupun fikih muamalah. Setiap anak harus diperkenalkan hal-hal halal dan haram serta fikih yang wajib diketahui, seperti shalat lima waktu, puasa Ramadhan, dan menjauhi maksiat.

Adab atau akhlak.
Setiap anak harus mendapatkan pengetahuan dan pendidikan tentang adab sebagai seorang muslim agar menjadi pribadi yang menawan dan dapat diterima oleh sekelilingnya. Hanya dengan adab dan akhlak inilah manusia menjadi mulia dan dihormati oleh masyarakat dan Allah SWT. Adab-adab tersebut adalah adab kepada orang tua, saudara, guru, adab di lingkungan sekolah, di lingkungan bermain, di masjid, adab seorang muslim dalam berinteraksi dengan gadget, media sosial, berita, serta adab saat marah atau saat masuk dan keluar rumah.

Banyak tuntunan perintah Allah dan rasul-Nya yang menegaskan agar hal di atas ditunaikan pada setiap anak. Hadits Rasulullah SAW

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda,

افْتَحُوا عَلَى صِبْيَانِكُمْ أَوَّلَ كَلِمَةٍ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

“Bukalah setiap mata anak-anakmu dengan kalimat pertama, yaitu laa ilaha illallah!” (HR. Hakim)

Hadits ini menjelaskan bahwa kalimat pertama yang harus diperkenalkan kepada anak yang baru lahir ialah kalimat laa ilaha illallah yang menegaskan bahwa tidak ada tuhan selain Allah tidak ada pencipta selain Allah. Hadits ini menegaskan bahwa iman, akidah, dan tauhid menjadi hal yang paling dasar untuk disampaikan kepada mereka.

Hadits Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda,

اِعْمَلُوْا بِطَاعَةِ اللهِ وَاتَّقُوْا مَعَاصِىَ اللهِ وَ مُرُوْا اَوْلَادَكُمْ بِامْتِثَالِ اْلَاوَامِرِ,وَاجْتِنَابِ النَوَاهِى فَذَالِكَ وِقَايَةٌ لَهُمْ وَلَكُمْ مِنَ النّارِ

“Ajarkanlah mereka untuk ta’at kepada Allah dan takut berbuat maksiat kepada Allah serta suruhlah anak-anak kamu untuk menaati perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan. Karena itu akan memelihara mereka dan kamu dari api neraka.” (HR. Ibn Jarier dan Ibnu Al-Mundzir)

Hadits ini menegaskan bahwa kewajiban orang tua untuk menanamkan kepada anaknya agar taat kepada Allah SWT, menunaikan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

Dari  Buku Tarbiyatul Aulad karya Dr. Nasih Ulwan
Alih bahasa, sistematika & Ilustrasi : DR. Oni Sahroni, M.A.

Leave a Reply