SIT NURUL FIKRISMP

Research Day, Meneliti Anjungan di TMII

By October 10, 2018 No Comments

TMII – Dunia pendidikan selalu lekat dengan kegiatan riset atau penelitian. Dengan meneliti membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Untuk mencetak generasi seperti itu, SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Fikri menggelar research Day selama dua hari, 8-9 Oktober 2018.

Siswa kelas VIII ini diajak berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melakukan penelitian di bidang sosial, Selasa (9/10). Ada 136 siswa dibagi menjadi 46 kelompok, satu kelompok terdiri tiga siswa, jadi ada 46 judul penelitian.

“Hari pertama lokasinya di sekolah, mengerjakan bab 1 sampai 3. Pertama mereka diberi pembekalan tentang apa itu penelitian, bagaimana mengadakan riset, apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan, dan bagaimana membuat instrumen penelitian,” terang Rizki Wahyudi, pembina penelitian SMPIT Nurul Fikri.

Lalu dilanjutkan hari kedua menuju ke TMII untuk melakukan pengambilan dan mengolah data penelitian ke anjungan-anjungan yang ada di TMII. “Bab 4 dan 5 dikerjakan di lokasi penelitian, mereka mengolah data, membuat display dan melakukan presentasi,” lanjut Rizki.

Menurut dia, Research Day dilaksanakan hanya sebagai pengantar untuk memberikan mereka pengalaman dalam meneliti. “Jadi kemarin cuma latihan setelah ini mereka akan membuat penelitian sesungguhnya dan akan dipresentasikan di Research Expo tahun depan,” tutupnya.

Leave a Reply